Ramai Sorot Kinerja Kemenkeu, Dari Artis Hingga Anak Gus Dur Protes Soal Pajak & Bea Cukai

Yustinus juga menjawab keluhan Babe Cabita dan mengaku telah menyampaikan permohonan hapus dendanya kepada DJP.

“Babe Cabita, aspirasi yg disampaikan sudah kami teruskan ke pejabat berwenang di wilayah Anda dan akan diproses dengan baik. Mohon sabar ya…,” jelas Yustinus.

Setelah ramai kasus pajak, kejadian tidak mengenakkan juga dialami oleh Alissa Wahid, karena perlakuan petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta.

Alissa menceritakan kisahnya dalam unggahan di akun Twitternya. Dia berbagi cerita sesaat baru pulang dari acara konferensi di Taiwan pada 2019-2020 silam. Alissa mengatakan diperiksa pihak Bea-Cukai di Bandara Soekarno-Hatta dan diminta membuka tas kopernya.

“Suatu ketika saya pulang dari konferensi di Taiwan. Di Cengkareng, saya diarahkan menuju meja pemeriksaan yang di dalam itu. Mbak petugas nanya: ‘Kamu pulang kerja ya di Taiwan? Berapa lama kerja di sana? Bawa apa saja? Buka kopernya’,” kata Alissa dalam cuitannya.

Setelah memberikan passpornya kepada petugas, Alissa kembali ditanyai perihal kepergiannya ke Taiwan. Mulai dari lama tinggal di sana hingga pekerjaannya selama di Taiwan dan menghubungkannya dengan koper besar yang dibawanya.

“Saya buka koper sambil dia minta paspor. Saya: ‘cuma tiga hari di Taiwan’, petugas: ‘kerja apa tiga hari di Taiwan? Kok bawaannya koper gede? Beli apa saja? Emang dibayar berapa? ‘Saya: ‘konferensi’ Petugas: ‘kok kamu bisa belanja & bawa barang banyak? Kamu kerja apa?’ Ndedes…,” ungkap Alissa.

Petugas itu, kata Alissa terus melontarkan pertanyaan kepada dirinya, hingga akhirnya memeriksa paspor, dan kemudian diperbolehkan lewat.

Yustinus pun kembali ikut mengomentari kejadian yang menimpa Alissa Wahid dengan petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta. Menurutnya yang terjadi merupakan perilaku dari oknum.

“Kami minta maaf sebetulnya tidak ada ketentuan seperti itu. Itu anomali,” kata Yustinus
Bea Cukai, menurutnya telah melakukan tugasnya dengan baik. Namun kembali lagi, dia menyebut akan selalu ada individu dengan perilaku yang menyimpang.

Yustinus juga memastikan pihaknya telah meminta maaf kepada pihak putri ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sejak lama.

“Tapi lagi-lagi Bea Cukai menerapkan best practice bukan karena kebijakan. Selalu ada individu yang menyimpang. Kami minta maaf ke Bu Alissa itu udah lama,” jelasnya.

Komentar