Teka-teki Cawapres! Politikus PDIP Sebut 4 Sosok Ini Bisa Jadi Dampingi Ganjar

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Indonesia mulai menuju gerbang pesta demokrasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada 2024 mendatang. Sederet survei elektabilitas sejumlah sosok bakal calon presiden (Capres) disebut-sebut bakal bertarung dalam pemilihan presiden mendatang.

Pembahasan soal sosok yang dinilai cocok dan ideal bagi masing-masing capres santer terdengar di telinga publik. Sejumlah nama bermunculan dan disebut-sebut cocok jadi calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampingi capres tertentu.

Salah satunya adalah sosok bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo yang mendapat dukungan dari Partai PDI Perjuangan. PDIP disebut-sebut sudah menyerahkan beberapa nama kandidat yang menemani Ganjar di Pemilu 2024 nanti.

Adalah Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu yang melontarkan ‘jawaban’ atas teka-teki sosok pilihan partai itu untuk jadi Cawapres Ganjar Pranowo.

Dia pun menyebut 2 nama sebagai kandidat Cawapres Ganjar. Mereka adalah Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Namun, Masinton menambahkan, tak menutup kemungkinan Sandiaga Uno dan Erick Thohir pun berpeluang mendampingi Ganjar.

Bagaimana dengan Capres Anies Baswedan dan Prabowo Subianto?
Partai Demokrat, salah satu partai yang mengusung Anies maju Capres telah mengirimkan kandidat nama Cawapres Anies.

“Nama yang dipaparkan dan diperhitungkan sebagai cawapres tidak tunggal. Selain AHY, ada nama Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, Yenny Wahid, Andika Perkasa, Ahmad Heryawan, Ahmad Syaikhu, Salim Segaf Al-Jufri dan Ridwan Kamil,” ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief beberapa waktu.

Dari sejumlah nama tersebut, Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid disebut-sebut menjadi kandidat kuat menjadi Cawapres Anies.

Nama-nama tersebut akan diserahkan ke tim Anies untuk diseleksi. Partai Demokrat disebutnya tidak pernah memaksa AHY sebagai Cawapres Anies.

Sementara nama yang disebut-sebut bakal jadi Cawapres Prabowo Subianto diantaranya Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Dari sejumlah nama tersebut, Muhaimin Iskandar sosok yang paling kuat akan menemani Prabowo di Pilpres 2024.

“Seperti yang disampaikan pimpinan Partai Gerindra, kandidat terkuat calon wakil presiden Pak Prabowo sampai saat ini, sampai malam ini kita bicara adalah Gus Muhaimin, sampai saat ini,” kata Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade usai nonton bareng ‘Kejar Mimpi Gaspol!’ di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (2/7) malam.

Komentar