Terkuat Di Internal PAN, Erick Thohir Paling Dijagokan Jadi Cawapres

JurnalPatroliNews – Jakarta – Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan internal partainya paling banyak mengusung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden di Pilpres 2024. “Untuk (usungan) posisi cawapres, saya kira Bang Erick Thohir terkuat sekarang di internal partai,” kata Yandri di Gedung MPR Nusantara IV, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Menurut Yandi, hubungan Erick Thohir dan PAN sangat akrab. Yandri mengatakan kedekatan Erick dengan PAN terlihat dari kebersamaannya dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. “Kalo menurut saya, Bang Erick dengan PAN itu nggak ada jarak ya. Sudah luar-dalam, sudah sangat, nyambung chemistry-nya. Ke mana acara PAN, Bang Erick datang, atau Bang Erick buat acara, dia undang-undang Pak Zul,” imbuh Yandri. “Jadi saya kira di antara menteri-menteri Pak Jokowi, sekarang yang paling dengan PAN ya Erick Thohir kan,” sambung dia.

Namun Yandri menuturkan pihak belum dapat membicarakan lebih jauh perihal kemungkinan Erick Thohir gabung ke PAN. Meski demikian, Yandri menilai hal itu tidak menghambat kerja sama PAN dengan Erick Thohir. “(Pembicaraan agar Erick Thohir gabung ke PAN-red) itu belum. Saya kira itu tidak jadi sesuatu yang menjadi penghambat kami untuk berkomunikasi atau bekerja sama, atau melakukan kerja sama politik dengan Bang Erick. Nggak ada hambatan apapun sampai sekarang,” tutur Yandri. “Ya kan sudah disebutkan di Rakernas kemarin beberapa capres kan, tapi siapa capres, siapa cawapresnya PAN, itu tidak cukup untuk mengusung sendiri,” sambung Yandri.

Terakhir, Yandri menuturkan untuk menentukan sosok yang akan diusung menjadi calon presiden dan cawapres, PAN masih perlu berkomunikasi dan membangun kesepakatan dengan partai lain. Terutama, lanjut Yandri, partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). “Perlu berkomunikasi atau berkomitmen membangun sebuah kesepakatan dengan partai lain, terutama dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Ini yang sedang kita komunikasikan terus,” tutur Yandri.

Komentar