Tunggu Pengembalian KTA, Megawati Tetap Jaga Gibran dan Bobby, Ini Kata Politikus PDIP

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres mendampingi capres Prabowo Subianto. Hal ini menghebohkan masyarakat, sebab Gibran merupakan kader PDIP yang semestinya mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hingga kini, Gibran pun belum secara resmi mengundurkan diri dari PDIP. Meski demikian, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun mengatakan secara de fakto keanggotaan Gibran di PDIP telah berakhir.

Kendati demikian, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut masih menjaga dan mengawal pemerintahan Gibran sebagai Wali Kota Solo. Hal serupa dilakukan untuk pemerintahan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan.

Bobby yang merupakan menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan dukungannya ke sang ipar Gibran.

Ihwal Megawati yang masih menjaga Gibran dan Bobby disampaikan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. Hal ini ketika membahas status Gibran sebagai kader PDIP.

Basarah mengatakan PDIP menunggu etika politik Gibran untuk mengembalikan kartu tanda anggota (KTA).

Lebih lanjut, ia mengatakan etika politik itu perlu ditunjukkan kepada Megawati, keluarga besar partai yang melahirkan, membesarkan, dan menjaga selama 22 tahun [pemerintahan] Jokowi sejak Wali Kota Solo 2 periode, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI hampir 2 periode.

“Juga melahirkan, menjaga Mas Gibran sebagai Wali Kota Solo, dengan seluruh sela orde partai yang ada di sana, termasuk fraksi PDIP di DPRD Kota Solo,” kata Basarah, dikutip dari rekan media, Minggu (29/10/2023).

“Juga melahirkan, menjaga Mas Bobby sebagai Wali Kota Medan, dan teman-teman DPRD fraksi PDIP Kota Medan yang ditugaskan untuk terus menjaga, mengawal pemerintahan Mas Bobby,” Basarah menuturkan.

Ia juga menyebut, “hingga detik ini belum ada keputusan yang berubah dari Ibu Megawati Soekarnoputri.”

Sebelumnya, Bobby memastikan akan mendukung Gibran di Pilpres 2024. Namun, ia mengaku belum ada rencana pindah dari PDIP ke partai lain.

Padahal, Bobby telah ditunjuk menjadi juru kampanye pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024 oleh PDIP.

Komentar