Mutasi TNI, Pecah Bintang: Ini Daftar 39 Kolonel dari AD, AL, dan AU Promosi Brigjen TNI

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi besar-besaran di tubuh Tentara Nasional Indonesia. Total 180 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (pamen) mendapat tugas dan tanggung jawab baru.

Dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI sejumlah perwira menengah berpangkat kolonel mendapat tugas baru yang merupakan promosi bintang satu alias Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

Dalam SK tersebut, 39 kolonel yang akan pecah bintang itu berasal dari tiga matra TNI, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Berikut ini 39 Kolonel yang promosi Brigjen TNI:

1. Kolonel Kal Ulung Prabawa P. Utama, Paban Jianjemenong dan Um Ditjianbang Akademi TNI ini dipromosikan menjadi Dirjianbang Akademi TNI menggantikan Marsekal Pertama (Marsma) TNI Dwi Antep Isnugroho yang dimutasi menjadi Dirkersamik Sesko TNI.

 2. Kolonel Laut (E) Danto Yuliardi Wirawan, Asops Satsiber TNI dipromosikan menjadi Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, menggantikan Laksma TNI Arif Harmanto yang dimutasi menjadi Ses Bainstrahan Kemhan.

3. Kolonel Czi Wayan Nuriada, Kapus Relevansi dan Manadik LP2M Unhan dipromosikan menjadi Sekretaris LP2M Universitas Pertahanan (Unhan) menggantikan Brigjen TNI Munif Prasojo yang dimutasi menjadi dosen tetap Unhan.

4. Kolonel Inf. Sudaryanto, Kasrem 173/PVG Dam XVII/Cen dipromosikan sebagai Kapus Lola Kawasan Bainstrahan Kemhan menggantikan Brigjen TNI Iswan Gunadi yang diangkat menjadi dosen tetap Unhan.

5. Kolonel Sus Tatar Bonar Silitongan, Kapus Penjamin Mutu LP3M Unhan diangkat menjadi Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan menggantikan Laksma TNI Agus Adriyanto yang diangkat menjadi dosen tetap Unhan.

 6. Kolonel Inf. Suherlan, Anjak Bid. Renstra Bangnas Kajang Depolstra Anjak Bid. Pulahta Polnas Depolstra Wantanas dipromosikan menjadi Bandep Ur. Lingk. Pemerintahan Negara pd Depbid. Sistem Nasional Setjen Wantanas menggantikan Brigjen TNI Mochamad Affandi yang diangkat menjadi Pa Sahli Tk. II KSAD Bid. Was Afrika dan Timteng

7. Kolonel Arh Agustinus Eko Mulyadi, Kabags Ops pada Binda Jawa Barat Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung yang diangkat menjadi Direktur Maluku dan Papua pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

8. Kolonel Inf. Fahmi Sudirman, Kabag Ops pada Binda Jawa Timur Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Jawa Timur pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Marsma TNI Rudy Iskandar yang diangkat menjadi Direktur Sumatera dan Kalimantan pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

9. Kolonel Inf. Tahan Sopian Parulian Silaban, Kasubdit Maluku Utara pada Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Papua Barat pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Brigjen TNI Vincentius Satiawan Bayu Sasetiiyo yang diangkat menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

10. Kolonel Inf. Benny Bintoro, Kasubdit Papua pada Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Maluku Utara pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Laksma TNI Imam Sopingi yang diangkat menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

11. Kolonel Arh. R Wibisono Hendroyoso, Kabag Ops pada Binda Papua Barat Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Riau pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Brigjen TNI Amino Setya Budi yang diangkat menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN

12. Kolonel Inf. Arman Dahlan, Kabag Ops pada Binda Lampung Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Sulawesi Tengah pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin yang diangkat menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Maluku dan Papua, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN

13. Kolonel Inf Raymond Marojahan, Kasubdit Wilayah Sulawesi I pada Direktorat Sulawesi dan Nusa Tenggara, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Kabinda Sulawesi Utara pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menggantikan Laksma TNI Adriansyah yang diangkat menjadi Kabinda Kepri pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN

14. Kolonel Cpm Andri Gunawan, Agen Madya pada Direktorat Perencanaan, Pengendalian Kegiatan dan Operasi, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dipromosikan menjadi Direktur Rekayasa pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN.

Komentar