“Relawan Tragedi Plumpang Juga Manusia”: Puspen TNI Berikan Dukungan Psikologis Agar Relawan Dapat Bekerja Optimal

JurnalPatroliNewsJakarta – (Puspen TNI). Pusat Psikologi TNI menerjunkan Tim Psikososial untuk membantu mengatasi trauma yang dialami oleh para penyintas kebakaran Depo Pertamina Plumpang di lokasi pengungsi PMI Plumpang – Jakarta Utara.

Tim Psikososial dari Puspsi TNI  mendukung dan memberikan bantuan penanggulangan akibat bencana, pengungsian dan bantuan kemanusiaan dengan mendirikan posko Layanan Psikologi yang standby 24 jam di PMI Jakarta Utara sajak tanggal 7 Maret lalu.

Posko Layanan Psikologi itu  untuk melaksanakan kegiatan trauma healing dalam rangka membantu mereduksi beban psikologis baik yang dialami para penyintas  agar mencapai kesejahteraan psikis yang lebih baik setelah mengalami trauma pasca bencana kebakaran dan kelelahan bagi relawan melaksanakan tugasnya.

Tidak hanya kepada penyintas tragedi Plumpang, Layanan psikologi juga diberikan kepada Relawan PMI karena mereka telah bertugas sejak awal pasca kejadian hingga para penyintas medapatkan tempat tinggal.

Hal tersebut memungkinkan munculnya burnout kepada para relawan, terutama mereka yang baru bergabung sebagai relawan PMI. Kelelahan dan stres dalam bekerja (burnout), bukanlah hal yang bisa disepelekan, karena dapat mempengaruhi produktivitas dan menurunnya motivasi dalam bekerja.

Burnout merupakan kondisi stres  dimana pekerja merasa lelah secara fisik, mental dan emosional. Ada tiga tanda yang muncul karena burnout, pertama kelelahan fisik. 

Komentar