Elon Musk Prediksi Akan Hadir 1 Miliar Robot Serupa Manusia di 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta – Elon Musk secara tegas setuju dengan proyeksi ilmuwan teknologi global yang menyatakan bahwa dalam dua dekade mendatang, Bumi akan dihuni oleh sekitar 1 miliar robot humanoid.

Musk, melalui platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), memberikan persetujuannya terhadap prediksi yang diutarakan oleh David Holz, pendiri laboratorium penelitian kecerdasan buatan (AI) Midjourney.

Holz mengungkapkan dalam satu pos bahwa dia memperkirakan akan ada 1 miliar robot humanoid di Bumi pada tahun 2040, dan bahkan sebanyak 100 miliar robot (mayoritas di antaranya adalah alien) tersebar di seluruh tata surya pada tahun 2060.

Musk merespons cuitan tersebut dengan mengatakan, “mungkin seperti itu, asalkan fondasi peradaban tetap stabil.”

Perusahaan yang didirikan oleh Musk, Tesla, telah aktif mengembangkan prototipe robot humanoid yang bisa dianggap sebagai langkah konkrit menuju pencapaian proyeksi yang tinggi tersebut.

Tesla Optimus, yang juga dikenal sebagai Tesla Bot, diumumkan pertama kali pada Hari Kecerdasan Buatan perusahaan pada Agustus 2021. Saat itu, Musk menyatakan bahwa perusahaan berencana untuk menciptakan prototipe pada tahun berikutnya, dan ia mulai membicarakan rencana robot tersebut.

“Saya meyakini robot memiliki potensi untuk menjadi lebih signifikan daripada bisnis kendaraan seiring berjalannya waktu,” ujarnya saat itu.

Pada suatu acara pada Oktober 2022, Musk menyampaikan harapannya untuk dapat memproduksi jutaan robot Optimus pada akhirnya. Robot ini diperkirakan akan memiliki harga sekitar US$20.000 per unit, meskipun kemampuannya masih terbatas.

“Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus,” ungkapnya saat itu. “Saya meyakini Optimus akan menjadi luar biasa dalam lima atau 10 tahun mendatang.”

Musk menyampaikan harapannya untuk membawa robot ini ke pasar dalam 3 hingga 5 tahun pada tahun 2022. Setelah dikembangkan sepenuhnya, Optimus diantisipasi akan menjadi mesin yang sangat canggih.

Meskipun pembuatan robot humanoid tidak secara langsung terkait dengan fokus utama Tesla pada percepatan energi berkelanjutan, Musk tetap berkomitmen untuk terus mendorong inovasi di berbagai bidang.

Komentar