Jokowi Beri Tugas Baru Kepada Luhut Untuk Mengatur Industri Game Nasional

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk memimpin tim yang akan mengarahkan percepatan pengembangan industri game nasional. Keputusan ini diatur dalam Peraturan Presiden nomor 19 tahun 2024 yang bertujuan untuk mengoptimalkan ekonomi domestik melalui industri game.

Oleh karena itu, langkah ini didorong untuk potensi ekonomi yang dimiliki oleh industri game di Indonesia. Data dari DataNewszoo tahun 2020 menunjukkan bahwa industri game Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan sebesar US$1,47 miliar atau Rp 25 triliun, menempatkannya sebagai salah satu dari 16 besar di dunia.

Meskipun demikian, industri game nasional masih menghadapi tantangan besar dari dominasi game asing. Saat ini, lebih dari 99% game yang beredar di Indonesia adalah produk dari luar negeri, dengan kontribusi game lokal hanya sekitar 0,49%.

Lebih jauh, Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional yang baru dibentuk akan terdiri dari berbagai pemimpin kementerian dan lembaga nasional. Di antaranya adalah Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang ditunjuk sebagai ketua pelaksana harian.

Komentar