Dengan Bantuan Intelijen Israel, AS Bisa Lacak Ponsel Qasem Soleimani Sebelum Operasi Pembunuhan

  • Whatsapp
Jenderal Iran, Qasem Soleimani/Net

JurnalPatroliNews,– Gugurnya jenderal ternama Iran, Qasem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) tahun lalu masih meninggalkan banyak tanda tanya.

Dalam serangan tersebut, AS diyakini tidak bekerja sendiri. Nama Israel pun ikut dibawa-bawa.

Bacaan Lainnya

Laporan terbaru dari media menyebutkan, Komando Operasi Khusus Gabungan AS yang dikerahkan di Israel bekerja sama dengan dinas intelijen Israel selama operasi rahasia tersebut.

Hal itu diungkap oleh Yahoo! News pada Sabtu (8/5), dengan mengutip 15 pejabat dan mantan pejabat AS, seperti dimuat Sputnik.

Menurut laporan tersebut, intelijen Israel melacak Soleimani dengan ponselnya. Meski sebelumnya dikabarkan Soleimani telah mengganti beberapa ponsel beberapa jam sebelum mendarat di Baghdad.

“Orang Israel, yang memiliki akses ke nomor Soleimani, memberikannya kepada orang Amerika, yang melacak Soleimani dan teleponnya di Baghdad,” lapor media tersebut.

Soleimani yang merupakan pemimpin Pasukan Quds dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) tewas dalam operasi militer AS pada 3 Januari 2020.

Sejak awal Iran telah meyakini Israel berkontribusi dalam serangan tersebut.

Bulan lalu, Presiden Iran Hassan Rouhani mengklaim serangan tersebut merupakan provokasi Israel kepada pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

(rmol)

Pos terkait