Indonesia – Malaysia Gagas Pembentukan Asean Homestay Association

JurnalPatroliNews – Indonesia dan Malaysia sepakat menggagas pembentukan Asean Homestay Association (AHA) pada awal tahun 2023 mendatang.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Indonesia Homestay Association (IHSA) Alvy Pongoh saat dikonfirmasi BeritaManado.com, Rabu (28/12/2022) malam.

Terkait hal tersebut dikatakan Alvy Pongoh telah dilakukan pertemuan dengan President Malaysia Homestay Association (MHA) Dato Haji Sahariman bin Hamdan siang tadi di Jogjakarta.

Dalam pertemuan tersebut, telah dihasilkan rekomendasi dan keputusan terkait pembentukan Asean Homestay Association (AHA).

Keputusan yang dimaksud adalah bahwa pada tanggal 3-6 Februari 2023 mendatang akan digelar Asean Homestay Forum (AHF) di Jogjakarta untuk peserta International dan 3-5 bagi peserta dari Indonesia.

Selanjutnya, ditegaskan pula dalam pertemuan hari ini antara IHSA dan MHA dikatakan bahwa Asean Homestay Forum adalah kegiatan pendukung Asean Tourism Forum (ATF) tahun 2023.

Selain itu, Asean Homestay Forum juga merupakan even sinergi dan kolaborasi antara Indonesia Homestay Association dan Malaysia Homestay Association.

Untuk kepanitiaan AHF 2023 ditetapkan sebagai Ketua Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC) adalah Dato Haji Sahariman bin Hamdan dan Sekretaris SC adalah Edison SH.

Sementara, untuk Ketua Panitia Pelaksana atau Organizing Committee (OC) adalah Hentje Alvy Pongoh SE MM dan Sekretaris adalah Muhammad Rifni SE MMTr.

Selanjutnya, Ketua dan Sekretaris Organizing Committee akan menyusun kepanitiaan secara lengkap yang melibatkan personel DPP IHSA dan DPD IHSA Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, Bali dan NTB.

Kemudian, Ketua dan Sekretaris Organizing Committee akan melaporkan even AHF 2023 kepada Menparekraf RI dan Sekretariat ASEAN di Jakarta sekaligus memohon dukungan secara resmi.

Untuk Ketua dan Sekretaris SC akan menyusun, menyiapkan dan menyempurnakan jadwal (rundown) acara serta naskah deklarasi kesepakatan pembentukan Asean Homestay Association (AHA).

Pelaksanaan AHF 2023 akan digelar di Homestay Tembi, Desa Wisata Tembi, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY.

Terkait hal tersebut, baik dari pihak IHSA maupun MHA sama-sama optimis bahwa kegiatannya akan mendapatkan dukungan dari pemerintah dan stakeholder pariwisata lainnya.

“Semoga semua persiapan yang akan dilakukan panitia dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian rekomendasi dan keputusan strategis yang akan dihasilkan nanti dalam pertemuan tersebut dapat turut memajukan sektor pariwisata di Indonesia, Malaysia bahkan negara-negara Asean,” harapnya.

Komentar