Inilah Daftar Gunung di Bandung Utara yang Ditutup Sementara dari Pendakian

JurnalPatroliNews – Bandung – Untuk mencegah kebakaran hutan akibat kemarau dan sebagai bentuk kesiapsiagaan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara menutup sementara di beberapa titik lokasi wisata yang menjadi aktifitas pendakian mulai tanggal 15 September 2023.

Hal itu tertuang dalam surat Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Bandung Utara dengan nomor 0316/058.4/BDU/2023 tentang penutupan sementara aktivitas wisata pendakian gunung di wilayah Perum Perhutani Bandung Utara, sebagai upaya preventif.

Adi Nugroho selaku Administratur Perum Perhutani Bandung Utara, mengatakan, ini adalah sebagai langkah preventif, dan penutupan sementara dilakukan sebagai langkah antisipasi pihak Perhutani, dan perlu diingat bahwa pihaknya membutuhkan waktu tidak sebentar untuk dapat memadamkan hutan yang terbakar.

“Kebakaran hutan dan lahan berdampak buruk bagi ekosistem dan lingkungan serta makhluk hidup di sekitarnya. Hewan-hewan harus kehilangan tempat tinggal dan tak sedikit yang mati karena ikut terbakar. Masyarakat yang tinggal di sekitar hutan harus menghirup asap berbahaya bagi kesehatan, jarak pandang terbatas yang berisiko terjadi,kecelakaan, serta aktivitas jadi terhambat dan berdampak pada perekonomian,” kata Adi, Kamis (14/9).

Dia menghimbau agar para pendaki mengurungkan niatnya untuk melakukan aktivitas pendakian selama penutupan sementara diberlakukan. Kepada masyarakat di sekitar hutan agar mengurangi aktivitas di dalam kawasan hutan dan agar dapat berperan serta turut membantu dalam upaya pencegahan kebakaran hutan.

Adapun gunung yang ditutup dari aktifitas pendakian hingga batas yang belum ditentukan itu meliputi;
1. Gunung Mahlayang, pintu wisata Batu Kuda Desa Cikoneng Kecamatan Cileunyi 2. Gunung Palasari, pintu masuk Kec. Cilengkrang, dan Desa Sunteun Jaya Kecamatan Lembang 
3. Gunung Bukit Unggul, pintu masuk Desa Cibodas dan Desa Sunteun Jaya, Kecamatan Lembang 
4. Gunung Sanggarah, pintu masuk Perkebunan Kina dan dari Desa Sunteun jaya, Desa Cibodas Keamatan Lembang 2, UKPN Lembang 
5. Gunung Tangkuban Perahu, pintu masuk Desa Jayagiri, Desa Sukajaya, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang dan pintu masuk Desa Cihideung dan Desa Karyawangi Kecamatan Parongpong 
6. Gunung Burangrang, pintu Lawang angin Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua 
7. Gunung Canggah, pintu masuk Desa Buniara, Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjung siang dan Desa Mayang Kecamatan Cisalak Kab. Subang 
8. Gunung Lingkung pintu masuk Desa Cihole, Desa Wangun Harja, Kecamatan Lembang dan Desa Ciater Kecmatan Ciater
9. Gunung Kadaka, pintu masuk Desa Cimeuhmal Kec. Tanjung Siang Kabupaten Subang 
10. Gunung Sunda, pintu masuk Curug Cijalu, Desa Cipancar Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. 
11. Gunung Burangrang, pintu masuk Kp.Legok Haji, Kp. Pasir Kuning, Kp. Tugu Desa Pasir Langu Kecamatan Cisarus, dan Pintu masuk Bukit Senyum, Desa Cipada Kecamatan Cikalong Wetan. (ASKARA)

Komentar