Laporan : Israel, Arab Saudi Minta Serangan AS Terhadap Iran Menjelang Pelantikan Biden

Jurnalpatrolinews – London : Israel dan Arab Saudi telah mendesak pemerintahan Presiden AS Donald Trump untuk menyerang Iran menjelang pelantikan Presiden terpilih AS Joe Biden, kata Dar Al-Hayat yang berbasis di London, Kamis.

Menurut laporan itu, yang mengutip sumber-sumber AS yang tidak disebutkan namanya, kedua negara tersebut mengupayakan serangan bedah AS yang ditujukan ke fasilitas nuklir Teheran. 

Alasan di balik dugaan dorongan itu adalah untuk menggagalkan kemungkinan jangkauan Iran dari pemerintahan Biden, dengan Presiden terpilih menyatakan niat untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir 2015.

Menurut laporan itu, pejabat Israel dan Saudi juga mencoba membujuk Uni Emirat Arab untuk bergabung dalam mendorong serangan Iran.

UEA menolak seruan semacam itu, bagaimanapun, karena khawatir akan mempengaruhi hubungan kompleksnya dengan Republik Islam, tambah laporan itu.

Sementara Biden telah mengindikasikan dia ingin bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir, laporan sebelumnya menunjukkan timnya terpecah tentang apakah perjanjian itu harus diperluas terlebih dahulu.

Pada 2018, Trump menarik AS dari perjanjian tersebut, dengan mengatakan itu tidak cukup jauh dan tidak mencakup agresi regional Iran dan pengembangan rudal balistik.

Komentar