Aktivis Wanita “Extinction Rebellion” Bertelanjang Dada Me Lockdown Diri di Parlemen Inggris Untuk Memprotes Perubahan Iklim

Jurnalpatrolinews – London : Polisi Inggris telah menangkap belasan wanita setengah telanjang di pusat kota London saat mereka memprotes menuntut tindakan terhadap perubahan iklim.

Extinction Rebellion (XR) pengunjuk rasa mengunci diri di luar Gedung Parlemen Inggris pada Kamis pagi hanya mengenakan celana panjang dan masker wajah yang diberi label ‘4C’.

Para wanita topless membawa spanduk besar bertuliskan ‘Can’t Bare the Truth?’ dalam upaya untuk mengungkap kebenaran tentang perubahan iklim.

Beberapa wanita menggunakan kunci-D logam yang digunakan untuk mengunci sepeda di leher mereka dan memiliki kata-kata yang dilukis di dada mereka yang menggambarkan konsekuensi dari pemanasan global seperti perang, kekeringan, kelaparan, kebakaran hutan, kekerasan, dan kelaparan. 

Pada hari Kamis, XR men-tweet sebagai tanggapan atas protes mereka: ‘Kami berada dalam #ClimateEmergency. Kami menghadapi peningkatan suhu 4C selama masa hidup anak ini. 4C = kematian jutaan. #KamiInginHidup. ‘

Kelompok aktivis tersebut memulai kembali protesnya di Inggris minggu lalu menyusul penangguhan karena pandemi COVID-19. 

Pada hari Sabtu, pengunjuk rasa XR memblokir jalan menuju dua cetakan yang digunakan oleh penerbit Berita – menuai kritik dari Perdana Menteri Boris Johnson.

“Pers yang bebas sangat penting dalam meminta pertanggungjawaban pemerintah dan lembaga kuat lainnya atas isu-isu penting bagi masa depan negara kita, termasuk perang melawan perubahan iklim,” tweetnya.

“Sangat tidak dapat diterima untuk berusaha membatasi akses publik ke berita dengan cara ini.”

Komentar