AMMTC di Labuan Bajo, Jokowi Harap: Hasilkan Rumusan Demi Jaga ASEAN Tetap Aman-Sejahtera

JurnalPatroliNews – Labuan Bajo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ASEAN selalu siap dalam memberantas kejahatan transnasional. Dia berharap kegiatan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 menghasilkan rumusan langkah untuk menjaga ASEAN tetap aman.

Saya berharap dalam pertemuan ini, dapat dirumuskan agenda kerja sama yang responsif yang berisi langkah-langkah strategis sehingga dapat menjaga kawasan ASEAN yang aman, yang damai dan sejahtera,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual, Senin (21/8/2023).

Dia mengatakan ASEAN harus selalu siap menghadapi tantangan termasuk tantangan terkait pemberantasan kejahatan transnasional di tengah dinamika global. Jokowi menuturkan kejahatan transnasional menjadi ancaman serius bagi keamanan dan stabilitas kawasan.

“Dan dengan kemajuan teknologi saat ini kejahatan lintas negara berkembang semakin masif dengan cara-cara yang semakin kompleks,” kata dia.

Menurutnya, penanganan kejahatan transnasional pun juga harus semakin adaptif. Sejumlah isu kejahatan yang disorotinya di antaranya soal tindak pidana terorisme, tindak pidana perdagangan orang (TPPO) hingga perdagangan gelap narkotika.

“Kita perlu membangun kolaborasi berkelanjutan melakukan pertukaran informasi, memanfaatkan teknologi serta meningkatkan kapasitas dan profesionalitas aparat,” kata dia.

Tak Ada Ruang Pelaku Kriminal Bersembunyi! Simak Pesan Kapolri di AMMTC ke 17 Labuan Bajo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin kegiatan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo, NTT. Dalam pertemuan ini, negara-negara ASEAN dan negara sahabat lainnya akan memperkuat kerja sama dalam menghadapi kejahatan transnasional.

“Pertemuan kali ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih mengenal satu sama lain. Saya percaya bahwa hubungan informal antarpara delegasi akan melengkapi hubungan formal antarnegara yang sudah terjalin baik. Hal ini memastikan bahwa tidak ada ruang bagi pelaku kriminal untuk bersembunyi,” kata Jenderal Sigit, Minggu (20/8).

AMMTC ke-17 digelar pada 20-23 Agustus 2023. Sebanyak 14 delegasi negara-negara ASEAN dan negara sahabat telah tiba di Labuan Bajo untuk mengikuti AMMTC ke-17 ini.

Kapolri mengatakan negara-negara ASEAN terikat dalam hubungan kekeluargaan karena sejarah yang mengikatnya. Dia mengatakan ikatan negara-negara ASEAN bukan semata-mata sebuah komunitas.

Dia berharap dalam AMMTC ini, negara-negara ASEAN dapat menyatukan semangat agar ASEAN sebagai Episentrum Pertumbuhan Dunia.

“Untuk itu, mari kita serap energi positif ini untuk menjadi kekuatan dalam melindungi seluruh masyarakat dan memajukan kesejahteraan di ASEAN,” ucapnya.

Komentar