Ditanya DPR Soal Anggaran Makan Siang Gratis, Sri Mulyani: Maaf Saya Gak Bisa Jawab!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Sri Mulyani, Menteri Keuangan, seolah enggan menjawab pertanyaan DPR soal anggaran makan siang gratis yang ada di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sri Mulyani menyebut, anggaran untuk program unggulan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu, memang belum ada.

“Jadi mohon maaf sekali, apalagi ini bulan puasa, mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya saya ga bisa komentar soal makan siang gratis,” ujar Sri Mulyani dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI, Selasa, (19/3/24).

Awalnya, dalam rapat tersebut, Wartiah, anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PPP, mempertanyakan terkait anggaran untuk makan siang gratis, yang saat ini sudah mulai disimulasikan oleh Pemerintah.

Ia memandang, sudah banyak isu berseliweran di masyarakat mengenai program ini, salah satunya, opsi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), untuk program makan siang gratis.

Sri Mulyani pun tak mampu menjawab pertanyaan tersebut, karena memang anggaran untuk program itu belum ada di 2024.

Ia menjelaskan, saat ini Pemerintah baru membahas Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) untuk penyusunan APBN 2025.

“Itu baru postur besar belum sampai detailnya, apalagi mau ambil dari BOS, ya enggaklah bu, belum,” jawab Sri Mulyani.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Sri Mulyani, Pemerintah memang akan masuk dalam masa transisi. Ia mengatakan, pihaknya akan membantu untuk mendesain APBN.

Ia menambahkan, komunikasi dengan Pemerintahan baru itu, terap akan dilakukan begitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mengumumkan pemenang Pemilihan Presiden 2024.

“Kami masih tunggu pengumuman resmi dari KPU,” tandasnya.

Komentar