Hamas Dan Fatah Bertemu Di Istanbul Untuk Rekonsiliasi Palestina

Jurnalpatrolinews – Kota Gaza : Perwakilan dari kelompok saingan Palestina Hamas dan Fatah akan bertemu di Turki pada hari Selasa untuk pembicaraan tentang percepatan rekonsiliasi antar-Palestina.

Tokoh utama Hamas Khalil Al-Hayya mengatakan pembicaraan Selasa bertujuan untuk melaksanakan hasil pertemuan sebelumnya antara sekretaris jenderal dari dua faksi yang bersaing yang berlangsung di Ramallah dan Beirut awal bulan ini.

“Hamas ingin mencapai persatuan nasional dengan harapan mencapai strategi nasional yang komprehensif untuk menghadapi tantangan dan plot yang menargetkan perjuangan Palestina,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dalam pertemuan mereka pada 3 September, Hamas dan Fatah menyepakati sejumlah masalah, termasuk memulihkan keretakan mereka dan menegakkan prinsip transfer kekuasaan secara damai melalui pemilihan berdasarkan perwakilan proporsional.

Juru bicara Fatah Mounir Al-Jaghoub sebelumnya men-tweet bahwa delegasi kelompoknya akan bertemu dengan perwakilan Hamas untuk membahas pengakhiran divisi Palestina dan penerapan hasil pertemuan 3 September.

Pada hari Senin, Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan panggilan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di mana dia meminta bantuan Erdogan dalam pembicaraan yang sedang berlangsung untuk memulihkan keretakan antar-Palestina, menurut kantor berita resmi Wafa.

Pembicaraan hari Selasa terjadi beberapa hari setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain menandatangani perjanjian yang ditengahi AS untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Komentar