Jadi Sorotan Warga! BMKG Buka Suara: Soal Polusi Pekat DKI Jakarta, Ini Penyebabnya…?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kualitas udara di DKI Jakarta menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir. Sejumlah warga mengeluh pekatnya polusi menyebabkan saluran nafas mereka terganggu. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akhirnya buka suara terkait semakin pekatnya polusi udara di Jakarta. Menurut BMKG, meningkatnya polusi udara belakangan disebabkan karena musim kemarau.

Hal itu disampaikan oleh Plt. Deputi Bidang Klimatologi, Dodo Gunawan. Dia menjelaskan, pada musim kemarau polusi udara dapat meningkat karena tidak banyak hujan dan polutan yang tidak tercuci, sehingga tetap berada di udara.

“Pada musim kemarau polusi udara dapat meningkat karena tidak banyak hujan dan polutan tidak tercuci, sehingga tetap berada di udara,” jelasnya kepada rekan media, Rabu (16/8/2023).

Sementara itu, Dodo menyebut BMKG baru bisa mengeluarkan prakiraan musim hujan pada Agustus atau awal bulan September 2023. Dimana musim hujan setiap daerahnya, kata dia, tidak akan serentak sama.

“Pada bulan Agustus atau awal September akan dikeluarkan prakiraan musim hujan. Tiba-nya musim hujan tidak sama di setiap daerah,” ujarnya.

Komentar