Kejar-kejaran Hasil Survei, Anies Baswedan Capres Pilihan Anak Muda, Elite Nasdem: Wajar dan Normal

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menyatakan, suatu kewajaran apabila Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi teratas sebagai figur calon presiden (capres) pilihan anak muda. Namun, Willy juga menilai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo cukup menonjol.

“Hasil survei tersebut wajar dan normal saja. Anak-anak muda wajar memiliki pilihan sendiri layaknya para orang tua. Karena alam pikir anak muda berusia 17-22 tahun masih belum terlalu kompleks,” kata Willy kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Untuk diketahui, Anies unggul tipis atas Ganjar sebagaimana hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia. Anies memperoleh 15,2%, dan Ganjar (13,7%). Sementara pada tempat ketiga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (10,2%). Di tempat keempat yakni Sandiaga Uno dengan 9,8%, dan Prabowo Subianto (9,5%).

Survei itu juga menemukan masih lebih banyak anak muda yang belum memilih nama jika pemilu presiden dilaksanakan sekarang. Jumlahnya mencapai 30,5%.

“Gaya dan pembawaan seseorang saya kira masih menjadi ukuran utama pemilihan. Demikian juga keseringan mereka muncul dan dibicarakan di media. Tiga teratas semuanya gubernur. Ini menunjukkan faktor ketokohan melekat pada mereka yang menjabat sebagai kepala daerah,” kata Willy.

Willy justru menyoroti seorang Ganjar. Sebab di beberapa survei lain dengan populasi responden masyarakat umum, Ganjar juga punya angka yang cukup baik. Artinya Ganjar disukai segmen berbagai umum termasuk di kalangan anak muda.

“Jadi di dua lini beliau cukup kuat elektabilitasnya. Beda dengan Anies maupun Prabowo. Prabowo unggul di survei umum, tetapi kalah di persepsi anak muda. Sebaliknya dengan Anies. Jadi yang stabil ya Pak Ganjar,” ucap Ganjar.

(*/red)

Komentar