Laporan : Pimpinan Hamas Haniyeh Pergi Ke Beirut Dengan Uang Tunai Dari Erdogan

  • Whatsapp
Pimpinan Hamas Ismail Haniyeh (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sebelum pertemuan di Istanbul pada 1 Februari 2020

Jurnalpatrolinews – Gaza : Ismail Haniyeh, kepala sayap politik Hamas, sedang menuju ke ibu kota Lebanon, Beirut, Israel Hayom melaporkan Selasa, mengutip media lokal.

Haniyeh, yang telah melakukan tur penggalangan dana selama berbulan-bulan ke luar negeri, diperkirakan akan bertemu dengan anggota senior Hamas yang beroperasi di Beirut, serta pejabat Hizbullah dan Iran.

Bacaan Lainnya

Bersamanya, dia membawa jutaan dolar uang tunai yang dia terima dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, tambah laporan itu.

Uang tunai akan didistribusikan di antara para pejabat tinggi Hamas untuk mensponsori serangan teroris, dengan kemurahan hati Ankara dilaporkan menarik kemarahan dari para pejabat AS, yang dapat mencegat beberapa komunikasi Haniyeh.

Ada sedikit keanehan, Israel Hayom juga mengutip sejumlah media Arab yang menunjuk pada ketegangan antara Haniyeh dan Yahya Sinwar, kepala Hamas di Jalur Gaza.

Menurut surat kabar tersebut, wakil Haniyeh yang berbasis di Beirut yang memiliki hubungan dekat dengan Sinwar telah bekerja untuk mengganggu kunjungan tersebut.

Laporan itu muncul ketika Hamas menyatakan telah mencapai kesepakatan tentang gencatan senjata dengan Israel dalam pembicaraan yang dimediasi oleh seorang utusan Qatar.

Hamas berkomitmen untuk menangguhkan serangan pembakar yang diluncurkan dari kantong Palestina menuju Israel , karena Yerusalem berkomitmen untuk membuka kembali penyeberangan perbatasan Kerem Shalom dan Erez dan membuka kembali zona penangkapan ikan untuk para nelayan Gaza, menurut Channel 13 Israel.

Pos terkait