Luhut: PPKM Darurat Kerja Kita Bersama, Kalah Ada Salah Tanggung Jawab Saya

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap bahwa beberapa perubahan baik yang dikerjakan nampak sudah mulai muncul setelah seminggu penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Sudah satu minggu lamanya saya diberi tugas oleh Presiden @jokowi untuk mengkoordinir pelaksanaan program PPKM Darurat demi menangani lonjakan kasus covid-19 saat ini. Saya ingin menggunakan momen ini untuk mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan program ini,” ujar Luhut lewat unggahan di feed Instagram-nya @luhut.pandjaitan, Senin (12/7/2021).

Dia mengatakan, selalu bilang kepada mereka bahwa ini kerja kita bersama, bukan hanya dia. Jika banyak yang merasa masih ada kekurangan dan kesalahan di beberapa hal, itu adalah tanggung jawabnya.

Pemerintah, lanjutnya, dalam hal ini selalu mencari jalan keluar terbaik dari semua masalah yang ada, mulai dari pasokan oksigen, ketersediaan tempat tidur, obat-obatan hingga bantuan untuk masyarakat kecil yang rentan terdampak pandemi Covid-19.

“Bisa saya hitung bahwa setiap harinya 2-3 kali Presiden menghubungi saya untuk menanyakan perkembangan dan kendala dari kebijakan PPKM Darurat ini,” tuturnya,

Diakhir pembicaraannya, ungkap Luhut, Presiden selalu menyampaikan kepadanya  sebagai bawahannya agar selalu mengutamakan kepentingan rakyat kecil. Jangan sampai ada masyarakat yang susah makan karena ada pemberlakuan kebijakan ini, begitu kata beliau.

“Pesan dari atasan saya itu, saya jadikan “guidance” dan juga selalu saya sampaikan kepada semua pihak yang berjuang dalam penerapan kebijakan ini agar terus melakukan “checking” di semua hal secara berjenjang dan bertahap agar mengutamakan prinsip kemanusiaan dalam penerapan program PPKM Darurat ini,” jelasnya.

Namun, tegasnya, tidak bagi siapapun yang mengambil keuntungan pribadi ditengah pandemi seperti sekarang. “Saya kira pengendalian pergerakan masyarakat merupakan faktor kunci keberhasilan program  PPKM Darurat, selain penerapan prokes yang ketat dilapangan serta aksesibiltas vaksin di masyarakat,” kata Luhut.

Dia kemudian mengatakan, kita pergunakan energi besar kita ini untuk saling mendukung dan membantu  seluruh langkah baik yang sedang diupayakan oleh berbagai pihak. Pada akhirnya sejarahlah yang akan mencatat kontribusi para frontliners, relawan dalam membawa bangsa ini melawan pandemi global covid.

“Sejarah pula yang akan mencatat mereka yang lebih sibuk menjadi bagian dari masalah daripada berusaha mencari solusi,” pungkasnya.

Komentar