Marak Hoax, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Bijak Pilah Informasi Vaksinasi

JurnalPatroliNews – Di tengah usaha pemerintah dalam menghadirkan vaksin Covid-19, masyarakat diimbau untuk bijak memilih informasi yang cenderung menyesatkan.

Salah satu yang perlu diluruskan adalah informasi yang menyebut bahwa Italia menilai Covid-19 bukan virus melainkan bakteri.

Menurut Satgas Penanganan Covid-19, hal tersebut perlu diluruskan karena berkembang sejalan dengan tahapan program vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah.

“Perlu dipahami, berita tersebut adalah hoax atau tidak benar,” tegas Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/1).

Ia menjelaskan, Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus-2 (Sars Cov-2), yang lebih dikenal virus corona adalah jenis baru dari Corona Virus. Virus ini menular dari manusia ke manusia.

Untuk itu, kata dia, masyarakat perlu bijak dalam mengolah dan menerima informasi yang diterimanya. Serta berpartisipasi dalam menyebarkan informasi yang benar pada orang-orang terdekat yang bisa dipercaya sumbernya.

Masyarakat juga diminta tetap menjaga diri dan tidak lengah selama masa pandemi Covid-19 mengingat pemerintah sedang bekerja keras mempersiapkan program vaksinasi Covid-19.

“Vaksin akan lebih efektif melindungi masyarakat saat vaksinasi dilakukan pada kondisi yang lebih terkendali, di mana laju penularan rendah. Karena peluang tidak tercapainya kekebalan komunitas (herd immunity) akan semakin besar apabila laju penularannya tinggi,” tandasnya.

(rmol)

Komentar