Pemprov DKI Masih Miliki 26,25%, Janji Anies Belum Terealisasi..! Lika-liku Jual Saham Anker Bir yang Nggak Jadi-jadi

Hasil Penjualan buat Bangun Sekolah & Air Bersih

Anies Baswedan memiliki rencana memanfaatkan dana hasil penjualan saham di produsen Anker Bir untuk pembangunan di DKI Jakarta. Dia mencontohkan seperti membangun sekolah, hingga saluran air bersih.

“Kalo dibuatkan sekolah bisa dapat 100, kalau dibuat saluran air minum bisa dapat 100 ribu saluran baru. Bila kita membiayai air minum bisa sampai 1 juta,” kata dia di Kantor DPRD DKI Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Angka-angka itu menggambarkan betapa besarnya manfaat yang bisa didapat jika Pemprov DKI melepas kepemilikan sahamnya di produsen Anker Bir tersebut.

“Jadi ilustrasi betapa uang ini besar. Sayang kalau uang besar dititipkan dalam usaha membangun industri minuman beralkohol. Lebih baik digunakan untuk kegiatan pembangunan yang lain,” ujarnya.

Proses Penjualan Terkendala Pembahasan di DPRD

DI 2019 Pemprov DKI Jakarta menyatakan proses penjualan saham di produsen Anker Bir masih terus bergulir. Saat itu prosesnya masih terkendala pembahasan di DPRD DKI Jakarta, di mana surat persetujuan penjualan saham yang sudah beberapa kali dikirim belum mendapat balasan.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pernah menegaskan dirinya tidak akan mengeluarkan izin untuk menjual saham pada perusahaan bir. Baginya, dengan begitu pemerintah bisa mengawasi peredaran bir.

Komentar