Setelah Lulus Tes Asesmen Seleksi Penyidik Baru KPK, 11 Jaksa Kejagung Siap Maju Tes Kesehatan

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Sebanyak 11 jaksa dari Kejaksaan Agung RI (Kejagung RI) peserta seleksi pegawai baru KPK dinyatakan lulus tes asesmen kompetensi. Mereka telah menyingkirkan 11 kandidat lain dari total pendaftar 22 jaksa.

“Setelah dilakukan tes potensi, asesmen kompetensi dan tes Bahasa Inggris oleh pihak ketiga yang independen dan berkompeten terhadap 22 orang peserta, saat ini ada 11 orang jaksa yang dinyatakan lulus pada tahap ini,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Ali menyebut 11 jaksa yang lolos itu akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Menurutnya, pada awal Januari 2020, mereka akan mengikuti rangkaian seleksi berupa tes kesehatan hingga wawancara dengan pimpinan KPK.

“Selanjutnya pada sekitar 6-8 Januari 2021 dijadwalkan akan kembali dilakukan lanjutan rangkaian tes berupa tes kesehatan dan wawancara dengan unit kerja dan pimpinan KPK,” ujar Ali.

“Peserta yang lulus seluruh tahapan seleksi ini diharapkan akan memperkuat kerja jajaran bidang penindakan KPK,” imbuhnya.

Sebelumnya, Deputi Penindakan KPK Karyoto telah menyebutkan KPK bakal menambah 100 penyidik baru. Sebanyak 100 penyidik baru itu nantinya akan ditempatkan untuk memperkuat bidang penindakan KPK.

“Kebutuhan di direktur penyidikan, penyelidikan, dan penuntutan. Kami secara renstra (rencana strategis) masih ada tambahan 100 personel itu,” kata Karyoto di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/10).

Karyoto menjelaskan 100 penyidik baru yang akan ditempatkan di sejumlah bagian, dari penuntutan, penyelidikan, penyidikan, hingga spesialis asset tracking. Namun, menurut Karyoto, proses rekrutmen membutuhkan waktu lama karena standardisasi penyidik di KPK sangat tinggi.

“Nah, memang kendala yang terjadi untuk rekrut butuh waktu lama dan tak gampang masuk KPK karena mungkin standarnya tinggi,” sebutnya.

(*/red)

Komentar