Soal Calon Dewas Lembaga Pengelola Investasi, Kemenkeu Akan Konsultasikan ke DPR

JurnalPatroliNews – Jakarta, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta menyatakan pemerintah akan melakukan konsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait calon dewan pengawas (dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) minggu depan.

“Mungkin minggu depan atau dua minggu lagi ada proses konsultasi di DPR,” ucap Isa dalam Bincang Bareng DJKN: Tahun 2021, DJKN Dorong Penguatan Lelang Swasta, Jumat (8/1).

Jumlah calon dewan pengawas yang akan dikonsultasikan itu berjumlah tiga orang. Saat ini, proses fit and proper test masih terus berlangsung.

“Fit and proper test sedang berlangsung sampai mungkin minggu ini atau minggu depan,” imbuh Isa.

Namun, Isa enggan menjelaskan lebih detail mengenai siapa saja calon dewan pengawas SWF. Menurut dia, hal itu akan dijelaskan detail oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, pemerintah membuka rekrutmen untuk tiga jabatan dewan pengawas untuk SWF. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan rekrutmen terbuka bagi para profesional di bidang investasi, baik dari sisi pengalaman hingga kredibilitasnya.

Ia mengungkapkan para pihak yang memenuhi kriteria sebagai dewan pengawas SWF akan dibawa ke Jokowi untuk dimintai persetujuan. Bila kepala negara merestui, maka hasilnya akan diteruskan ke DPR.

Setelah para dewan pengawas terpilih disetujui, maka selanjutnya pemerintah akan melakukan rekrutmen untuk dewan direksi. Untuk dewan direksi, rencananya juga akan melihat para profesional di dalam negeri.

(*/lk)

Komentar