Wajar Jika Pemerintah Tampak Gamang Tangani Covid-19, Ini Kata Mahfud Md

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud Md mengklaim bahwa wajar saja jika pemerintah gamang dalam menangani pandemi Covid-19. Selain karena pandemi ini merupakan sesuatu yang baru di dunia, kata Mahfud, kegamangan pemerintah juga terjadi  karena sikap masyarakat yang berbeda-beda pula.

Misalnya, dalam menyikapi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), ujar Mahfud, ada yang menilai hal itu penting, ada pula yang sebaliknya. Di awal masa pandemi, ada dokter yang mengatakan bahwa Covid-19 penyakit biasa, ada pula yang mengatakan berbahaya.

“Jadi, kalau tampak gamang pemerintah itu, ya wajar saja. Tapi keputusan pemerintah tetap berdasar data,” ujar Mahfud dalam diskusi daring yang digelar Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Ahad, 23 Agustus 2020.

Begitu pula dengan kebijakan pemerintah terkait pandemi yang berulang kali berubah, Mahfud menyebut hal tersebut terjadi karena perkembangan situasi juga terus berubah. “Sehingga kalau pemerintah tampak selalu berubah-ubah, apa enggak pakai data? Pakai, pakai data,” tuturnya.

Adapun data yang digunakan pemerintah, ujar Mahfud, yakni data milik Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Jadi pemerintah ndak pernah asal-asalan dalam menangani pandemi Covid-19. Di awal masa pandemi, rapat kabinet digelar sangat intensif setiap hari, bahkan dua hingga tiga kali dalam sehari,” ujar dia. (lk/*)

Komentar