LIPI Ciptakan Alat Penghancur Jarum Suntik Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
(Jpnn)

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menciptakan alat penghancur jarum suntik dalam rangka menangani limbah di masa vaksinasi Covid-19. LIPI memperkirakan sebanyak 360 juta jarum suntik akan digunakan. 

Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono menjelaskan, alat penghancur jarum suntik merupakan kerja sama dengan perusahaan swasta dan telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Bacaan Lainnya

Agus menyebutkan, KLHK memberikan rekomendasi limbah logam yang dihasilkan oleh alat penghancur jarum suntik tidak termasuk dalam bahan berbahaya dan beracun, sehingga bisa dimanfaatkan kembali.

“Tiga ratus enam puluh juta jarum suntik ini akan menghasilkan logam yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk industri logam berikutnya,” katanya di kantor LIPI, Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis (18/3).

Alat penghancur jarum suntik ini akan diproduksi massal setelah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi Covid-19.

“Kemenkes akan memberikan rekomendasi alat penghancur jarum suntik ini untuk vaksinasi. Diharapkan dari rekomendasi tersebut, nanti jumlah produksinya akan meningkat,” lanjutnya.

Agus menambahkan, satu unit alat penghancur jarum suntik bisa menghancurkan hingga 5000 jarum. (jpnn)

Pos terkait