Tagih Janji Pemerintah, Perajin Tahu-Tempe Murka! Krisis Kedelai Tak Kelar-kelar

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Perajin tahu dan tempe menagih janji pemerintah memberikan subsidi harga kedelai yang hingga saat ini belum terealisasi. Sementara, data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) menunjukkan, harga kedelai impor sudah bertengger di Rp13.600 per kg.

Harga itu melonjak dibandingkan sekitar sebulan lalu yang masih di kisaran Rp12.000 per kg. Harga itu melonjak dibandingkan sekitar sebulan lalu yang masih di kisaran Rp12.000 per kg. Sementara, chart tradingeconomics menunjukkan, harga kedelai internasional pada perdagangan hari ini, 21 Maret 2022 juga masih dalam tren naik, jadi US$16,84 per bushel.

“Pemerintah berjanji akan subsidi Rp1.000 per kg. Harga DO hari ini kebetulan hampir Rp12.000, akan dibantu pemerintah sehingga hanya bayar Rp11.000 per kg. Waktu itu dijelaskan Menteri Perdagangan (Mendag) diwakili pak Oke (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan), ada Bulog dan Mentan. Alhamdulillah subsidi yang dijanjikan itu sampai sekarang nol koma nol,” kata Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin saat rapat dengar pendapat dengan Komisis IV DPR, Senin (21/3/2022).

Ketika janji itu ditanyakan kepada pemerintah, lanjut Aip, jawaban yang diterima hanya menyebutkan sedang dilakukan rapat terbatas (ratas).

Komentar