Jadi Perbincangan Hangat, LPEM: RI Disambangi Tim Argentina, Uang Ratusan Miliar Berputar

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pertandingan sepak bola Tim Nasional Indonesia dengan Argentina akan berlangsung malam hari nanti. Meski dipastikan tanpa kehadiran Lionel Messi, pertandingan tersebut tetap hangat diperbincangkan.

Apalagi ketika awal kedatangan, disampaikan Ketua PSSI Erick Thohir bahwa tim Argentina terkejut melihat Indonesia dari sisi pembangunan dan perekonomian.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Indonesia dalam risetnya dari pertandingan tersebut, diperkirakan tambahan perputaran uang bagi perekonomian Indonesia bisa mencapai Rp965 miliar.

“Dari perputaran uang tersebut, akan tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp495 miliar,” ungkap riset LPEM yang ditulis oleh Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo dan Calista Endrina Dewi.

Sementara itu, tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp188 miliar, pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp28 miliar, dan penciptaan kesempatan kerja sekitar 5.719 orang. Meskipun sebagian besar sifatnya temporer.

Lebih rinci, sektor yang mendapatkan dampak tertinggi adalah penyediaan makan dan minum, jasa kesenian, hiburan dan rekreasi serta jasa penyiaran dan pemograman, film.

Komentar