Uji Coba Sejak 2008, Pertamina Bakal Luncurkan Produk BBM Baru, Awal Juli!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa pencampuran kandungan Bahan Bakar Nabati (BBN) berbasis tetesan tebu (molases) yakni bioetanol ke dalam Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya Pertamax (RON 92), akan mulai memasuki uji coba komersialisasi pada Juli 2023.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa pencampuran bioetanol ke dalam Pertamax akan diuji coba mulai Juli 2023 pada wilayah terbatas di Indonesia.

“Kita sudah lama supaya itu bisa berjalan, dari tahun 2008 sudah mulai ada kajian uji coba, dan sempat berjalan namun keekonomian tidak masuk, kemudian berhenti. Nah sekarang karena Presiden meminta untuk berjalan, kan Perpres sudah ditandatangani, untuk itu mudah-mudahan ini di awal Juli kita bisa melaksanakan (komersialisasi) untuk wilayah yang terbatas,” jelas Dadan saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Dadan menyebut, uji coba komersial pencampuran bioetanol pada Pertamax ini akan dilakukan di beberapa daerah di Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Mojokerto.

“Di wilayah timur sekitar Surabaya, Mojekerto, karena pabriknya ada di sana di Malang dan Mojokerto. Sekarang kita fokus ke Mojokerto dulu,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat suara mengenai rencana PT Pertamina (Persero) meluncurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru. Menurutnya, sudah ada beberapa stasiun pom bensin di Surabaya yang siap untuk menjualnya.

Hal ini diungkapkan Erick pada acara Pertamina Energizing You di Kemang Village, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023). Meski ia belum mau bicara banyak mengenai hal ini.

“Tanya Bu Nicke (Dirut Pertamina), tapi yg pasti ada beberapa belas pom bensin yg sudah siap di Surabaya, di Jakarta sudah mulai ada. Ini yg kita dorong supaya ada solusi bersama,” kata Erick ketika ditanya mengenai kapan BBM jenis baru ini dijual.

Komentar