Buka Musda IHGMA, Wagub Bali Cok Ace Apresiasi Kiprah Asosiasi GM Hotel Bali

JurnalPatroliNews.co.id – Denpasar,- Ditandai dengan pemukulan gong, Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) membuka Musda II Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali yang berlangsung di Wantilan Convention Center Prama Sanur Beach Hotel, Denpasar, Jumat (5/5/2023).

Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace yang juga selaku Ketua BPD PHRI Bali mengapresiasi kiprah para General Manager (GM) Hotel yang tergabung dalam IHGMA Bali. Ia menilai, GM Hotel di Bali banyak berperan dalam menjaga situasi Bali tetap kondusif saat banyak pekerja pariwisata kehilangan mata pencaharian karena sektor pariwisata terdampak pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Wagub Cok Ace mengurai, GM Hotel memiliki posisi yang sangat strategis dalam pembangunan di sektor kepariwisataan. Bahkan, ia menyebut GM Hotel sebagai ujung tombak karena mereka membawahi seluruh unit kegiatan yang ada di hotel seperti housekeeping, security hingga serikat pekerja.

Selaku pihak yang duduk di pemerintahan, dirinya merasa sangat terbantu dalam penanganan dampak pandemi Covid-19. Saat itu, ujar Cok Ace, tercatat hampir 250 ribu pekerja pariwisata dirumahkan dan menyebabkan tingkat pengangguran Daerah Bali bertambah sebanyak 4,6 persen.

“Sebelum pandemi, tingkat pengangguran kita terkecil di Indonesia yaitu hanya 1,2 persen. Saat pandemi meningkat menjadi 5,8 dan Bali menempati peringkat ke-8,” urainya.

Komentar