Kadis Perkimta Buleleng Serahkan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya Diterima 140 KK Di Buleleng

JurnalPatroliNews – Buleleng – Pemerintah Kabupaten (Buleleng) terus peduli dengan kesejahteraan masyakarat, salah satunya bentuk kepedulian itu diberikan dalam wujud bantuan stimulan rumah swadaya kepada masyarakat yang tidak mampu melaui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kabupaten Buleleng.

Bantuan itu diserahkan langsung secara simbolis Kepala Dinas Perkimta Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Surattini, pada Kamis (09/12) di Desa Anturan, Buleleng.

Nyoman Surattini menyampaikan, bahwa bantuan peningkatan rumah tidak layak huni tersebut tidak lain adalah wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat.

Bantuan ini pun sudah diserahkan kepada 140 penerima melalui Dana Anggaran Khusus (DAK) dengan masing-masing menerima sejumlah Rp20 juta. Dari jumlah penerima tersebut masing-masing berasal dari empat desa di Kecamatan Buleleng, yakni Desa Anturan, Penarukan, Poh Bergong, dan Petandakan.

“Saya sangat antusias melihat masyarakat bersemangat membangun rumahnya, sehingga pembangunan rumah bisa dicapai secara maksimal,” terangnya.

Ia pun menjelaskan untuk mendapatkan bantuan adapun syarat dan ketentuannya, yakni masyarakat atau penerima tergolong warga tidak mampu dan masuk dalam DTKS, memiliki lahan sendiri serta harus mampu berswadaya.

Ditegaskan lagi, jika dari Dinas Perkimta setiap tahunnya selalu berusaha mengusulkan program bantuan peningkatan rumah tidak layak huni, baik anggaran dari Pusat maupun Daerah, dengan harapan masyarakat penerima bantuan nantinya dapat bermanfaat.

“Kenapa harus mampu swadaya, tentunya bantuan Rp20 juta itu tidak cukup kalau tanpa swadaya. Swadaya itu berupa tenaga dan bisa berupa bahan bangunan,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan asal Desa Anturan, Komang Budiada yang berprofesi sebagai tukang bangunan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Buleleng yang sudah membantu mewujudkan pembangunan rumahnya.

“Saya merasa bersyukur dan terima kasih atas bantuan ini, semoga warga lain yang tidak mampu bisa mendapatkan program yang sama kedepannya,” imbuhnya. (TiR).-

Penyerahan secara simbolis stimulus dana secara langsung oleh Kadis Perkimta Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Surattini di Desa Anturan, Buleleng. -Ist-

Komentar