Kapolres AKBP Sinar Subawa Pimpin Rakor Pengamanan Hari Raya Nyepi Di Buleleng

JurnalisPatroliNews – Buleleng – Kapolres AKBP Made Sinar Subawa, S.IK, MH memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengamanan hari raya Nyepi Tahun 2021 di Kabupaten Buleleng, hari Rabu (10/03).

Rakor Pengamanan di Polres Buleleng sebagai persiapan penyambutan hari raya Nyepi Tahun Caka 1943 yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2021 di Kabupaten Buleleng. Kegiatan Rakor di Polres Buleleng dihadiri unsur Forkompinda, di antaranya Bupati Buleleng diwakili Asisten I Setda Buleleng, IB. Suadnyana, Dandim 1609 Buleleng diwakili Kasdim Mayor Inf. Gede Merta Santosa, Dan Sub Den Pom Singaraja Kapten CPM Ketut Subawa, Kalapas Kelas IIB Singaraja diwakili Kasi Atrantib I Ketut Arcana, Ketua PHDI dan FKUB Kabupaten Buleleng diwakili Ketut Wijana, Ketua MDA Kabupaten Buleleng Dewa Gede Budarsa, Kelian Desa Adat Buleleng diwakili Prajuru Putu Mahendra, Ketua MUI Kabupaten Buleleng yang diwakili H. Rahmat Al Bayhaqi, Ketua DPP Santo Paulus Eltari, Ketua MPAG Kabupaten Buleleng diwakili Made Astika, Ketua Walubi Kabupaten Buleleng Wiharta Harijana, Ketua Banser Kabupaten Buleleng diwakili Tohari dan Diding Kadir serta Plt. Ketua Pasikian Pecalang Kabupaten Buleleng I Putu Mara .

Surat edaran dari Gubernur Bali dan surat edaran PHDI Provinsi Bali tentang pelaksanaan hari raya Nyepi tahun Caka 1943 menekankan dalam pelaksanaan upacara untuk tetap menerapkan ProKes Covid-19.

Kabupaten Buleleng memiliki 169 desa adat, kemudian dari pihak MDA Kabupaten Buleleng juga sudah menyampaikan Surat Edaran Gubernur Bali dan PHDI Prov.Bali untuk ditaati dan dilaksanakan, sehingga tidak menimbulkan klister baru penyebaran Covid-19.

Hasil rakor yang dilaksanakan mendapatkan persepsi yang sama dalam rangkaian perayaan hari raya Nyepi tetap mengedepankan ProKes Covid-19, dan pihak lain yang tidak melaksanakan perayaan Nyepi tetap akan menghormatinya sebagai bentuk toleransi umat ber-agama.

Kapolres Buleleng menyampaikan, agar kegiatan penyambutan perayaan Nyepi tetap dapat berjalan dengan baik dan tidak mengabaikan ProKes Covid-19, pihak keamanan yang terkait, baik dari TNI/Polri dan unsur pengamanan lain, seperti pecalang akan tetap menjaga pelaksanaan serangkaian penyepian yang dilaksanakan di Kabupaten Buleleng.

“Diharapkan agar perayaan penyepian di Buleleng ini menjadi contoh yang baik, karena dapat berjalan dengan baik dan aman serta mentaati ProKes Covid-19,“ imbuhnya. (TiR).-

Komentar