Sambut Hari Konsumen Nasional, Disperindag Bali Gelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen

JurnalPatroliNews.co,id – Denpasar,– Guna memperingati Hari Konsumen Nasional (Hakornas) tahun 2023, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali menggelar sosialisasi yang bertajuk “Konsumen Berdaya Ekonomi Berjaya” bertempat di Hotel Prime Plaza Sanur, Denpasar, Selasa (23/5/2023).

Acara yang bertujuan untuk penguatan kesadaran konsumen secara masif dan kolektif akan pentingnya arti perlindungan konsumen itu, menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, baik dari akademisi maupun dari otoritas keuangan di Bali.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan I Wayan Jarta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas I Nyoman Putra Astawa menyampaikan bahwa hingga saat ini tingkat keberdayaan dan pengaduan konsumen masih rendah. Hal itu dibarengi belum dikenalnya institusi Lembaga perlindungan konsumen oleh masyarakat hingga tingkat kepatuhan pelaku usaha yang masih relatif rendah.

“Sehingga Pemprov Bali melalui Disperindag perlu mengambil beberapa langkah terkait perlindungan konsumen,” ujarnya dalam sambutan.

Adapun beberapa langkah-langkah tersebut, seperti: 1) pembentukan kelembagaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Denpasar yang bertugas menerima pengaduan masyarakat terkait transaksi jual beli yang menimbulkan sengketa; 2) menyelenggarakan sosialisasi perlindungan konsumen secara kontinyu; 3) pembinaan dan pengawasan terhadap Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM); dan 4) melaksanakan pengawasan barang dan jasa serta kegiatan perdagangan di 9 Kabupaten/Kota.

Komentar