Undiksha Terjunkan 1.500 Mahasiswa Ikuti Magang

JurnalPatroliNews.co.id -Singaraja,- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) kembali menerjunkan seribuan mahasiswa untuk mengikuti program magang di industri dan dunia kerja (IDUKA).

Penerjunan berlangsung, Selasa (19/9/2023) yang diisi dengan Kuliah Umum “Penyiapan Mahasiswa memasuki Dunia Kerja di Era Merdeka Belajar”.

Kegiatan kuliah umum ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Luh Putu Yuni Hartini, S.E., M.M seorang praktisi perbankan dan I Made Santiara, S.Pd, seorang praktisi pariwisata.

Wakil Rektor Bidang Akademik san Kerjasama Undiksha Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I., yang membuka acara mewakili Rektor menyampaikan kegiatan magang di industri merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilaksanakan oleh Undiksha.

Dijelaskan, pelaksanana program magang ini juga sebagai bentuk implementasi Permendikbud No. 3 Tahun 2020 terkait dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Perguruan Tinggi harus memberikan fleksibilitas dan ruang pada para mahasiswa untuk mengambil pembelajaran di luar program studi, baik di dalam Perguruan Tinggi pada prodi lain maupun di luar Perguruan Tinggi yaitu di Industri maupun di Perguruan Tinggi lainnya.

“Esensi kegiatan magang adalah bagaimana mahasiswa tidak hanya mengetahui permasalahan yang ada di lapangan, mengaitkan dengan teori yang dipelajari di kelas selama lima semeste,” jelasnya.

“Tetapi yang paling penting adalah Undiksha ingin mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru dari para praktisi, terjadi transfer keterampilan, maupun transfer pengetahuan dari pembimbing di lapangan,” ucap Prof Rasben Dantes.

Komentar