Wagub Bali Jadi Narasumber FGD Pendalaman Sektor Dalam Negeri, Digelar Sekolah Pimpinan Tinggi Bank Indonesia Angkatan 38 Tahun 2022

Tokoh Puri Ubud ini juga menyampaikan bahwa COVID memberi pelajaran penting,mengandalkan satu sektor saja pariwisata sangat riskan  dan ada hal yang  harus ditata kembali terkait Bali yaitu keseimbangan antar sektor dan keseimbangan antar wilayah. Untuk itu, Pemprov Bali mengadakan transformasi ekonomi  menjadi Ekonomi  Kerthi Bali yang terdiri dari enam sektor unggulan diantaranya pertanian dalam arti luas, sektor kelautan dan perikanan, UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata. Di sisi lain, sambung dia, dalam upaya mewujudkan keseimbangan antar wilayah, Pemprov Bali membangun sejumlah infrastruktur untuk menguatkan daya tarik di setiap wilayah di Bali  diantaranya yaitu Penataan Kawasan Suci Pura Besakih, Pembangunan tiga pelabuhan yaitu Pelabuhan Sanur, Sampalan dan Bias Munjul, Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali, pembangunan tol Mengwi- Gilimanuk serta Pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali . Dengan pembangunan infrastruktur tersebut diharapkan  memberi dampak positif bagi keseimbangan antar sektor serta keseimbangan antar wilayah di Bali. 

“Dengan demikian kedepannya pariwisata Bali yang berakar pada budaya Bali akan terus berkembang seiring dengan tumbuhnya sektor sektor lainnya dan merata di seluruh wilayah di Provinsi Bali,” tegas mantan Bupati Gianyar itu.

SESPIBI angkatan 38 dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho diikuti secara daring oleh 9 peserta SESPIBI. 

Komentar