Jokowi Berikan Respons Terkait Kenaikan Harga Beras di Pasaran, Ini Katanya!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya terkait kenaikan harga beras yang menjadi perbincangan hangat. Menurutnya, semua pihak sebaiknya melakukan kunjungan langsung ke pasar beras untuk memperoleh gambaran yang akurat.

“Coba di cek jangan menginformasikan seperti itu loh ya, coba di cek di Pasar Induk Cipinang, coba di cek di Pasar Johar,” ucap Jokowi di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/24).

Beliau menegaskan bahwa tiap hari dirinya rutin memantau data harga beras. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan observasi langsung di pasar.


”Kalian datang ke Pasar Cipinang, cek harganya turun atau naik, cek di Pasar Johar naik apa tidak turun atau tidak. Karena harian itu saya cek dan saya selalu mendapatkan angka-angka,” ujarnya.



Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Panel Harga yang tercantum di situs Badan Pangan Nasional, harga beras premium di tingkat pedagang eceran mencapai rata-rata Rp 16.450 per kilogram. Dalam satu minggu terakhir, terjadi kenaikan sekitar Rp 240 dari harga sebelumnya, yaitu Rp 16.210 per kilogram pada (21/2/24).

Harga beras premium tertinggi tercatat di wilayah Papua Pegunungan dengan mencapai Rp 24.000 per kilogram, sedangkan harga terendah terjadi di Provinsi Aceh sebesar Rp 14.670 per kilogram. Sementara itu, harga beras medium naik menjadi Rp 14.360 per kilogram, dengan peningkatan sebesar Rp 210 per kilogram dalam satu minggu terakhir.

Komentar