Luar Biasa! Bapanas Sebut Potensi Ancaman Darurat Beras Nasional, Apa Peran dan Fungsi Bulog?

Kenaikan harga beras yang terjadi saat ini merupakan yang tertinggi dalam 15 tahun terakhir, meroketnya harga beras tersebut dipicu oleh larangan ekspor beras India dan jeda musiman dalam produksi beras di belahan bumi utara.

Apa Fungsi Bulog?
Seperti dilansir dari laman Bulog.co.id, Bulog sebagai badan usaha milik negara yang fokus pada aspek ketahanan komoditas pangan memiliki salah satu misi, yakni untuk menjamin ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas komoditas pangan pokok.

Budi Waseso selaku Direktur Utama Perum Bulog memastikan bahwa stok beras sebanyak 1,6 juta ton aman untuk menjaga kebutuhan dan stabilitas harga sepanjang tahun.

Selain itu, sebagai upaya untuk mengatasi kenaikan harga beras, Bulog akan melakukan penyaluran bantuan untuk Keluarga Penerima Manfaat atau KPM secara masif.

Budi Waseso juga menyebut bahwa dengan stok beras sebanyak 2 juta ton degan minus 640 ribu ton yang telah dikeluarkan oleh Bulog hingga November 2023, membuat stok beras masih menjadi aman.

Presiden Jokowi juga memberikan mandat terhadap Budi Waseso selaku Dirut Perum Bulog untuk mendapatkan tambahan 1 juta ton beras agar masyarakat tenang. Budi menyebut bahwa Tiongkok akan menjadi negara yang mensuplai banyaknya beras tersebut.

Komentar