Sulit Dicapai! Analis Tanggapi Misi Ganjar – Mahfud Bidik Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

JurnalPatroliNews – Jakarta – Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P. Sasmita menanggapi misi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar – Mahfud) khususnya soal target pertumbuhan ekonomi rata-rata 7 persen.

Misi itu terungkap dalam dokumen bertajuk ‘Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari’.

Dalam dokumen itu dijelaskan bahwa Ganjar-Mahfud memiliki strategi untuk keluar dari middle income trap secara inklusif. Caranya dengan meningkatkan peran koperasi dan UMKM, dukungan usaha baru di seluruh wilayah Indonesia, pemanfaatan infrastruktur, ekonomi digital, pengelolaan ekonomi hijau-biru, serta pertumbuhan industri manufaktur di 7,5-8 persen.

“Optimalisasi kawasan ekonomi khusus untuk mempercepat industrialisasi dan investasi,” tertulis pada dalam dokumen pada poin Pertumbuhan Ekonomi Rata-Rata Mencapai 7 persen, dikutip pada Senin, 23 Oktober 2023.

Menurut Ronny, angka pertumbuhan ekonomi 7 persen itu merupakan target yang sama dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi 9 tahun lalu, saat pemilihan presiden pada 2014. “Tak sekali pun tersentuh (target itu oleh Jokowi). Cukup sulit dicapai,” ujar Ronny saat dihubungi, Senin.

Sementara, kata dia, visi dan misi Ganjar-Mahfud belum terlalu tajam. Menurut Ronny, belum terlihat arah yang jelas dalam rangka menemukan sumber pertumbuhan baru untuk mencapai angka 7 persen tersebut.

Ditambah lagi, situasi saat ini kurang suportif, terutama dari sisi ekonomi global dan kondisi geopolitik dunia. Namun sebagai sebuah target, tentu angka tersebut tak bisa disalahkan. Sangat wajar untuk sebuah target dengan angkanya tinggi.

”Setidaknya bisa dijadikan sebagai motivasi untuk terus bekerja keras menuju ke sana,” tutur dia.

Komentar