Sulit Dicapai! Analis Tanggapi Misi Ganjar – Mahfud Bidik Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

Oleh sebab itu, untuk mencapai 7 persen pertumbuhan ekonomi tersebut, Ronny berujar, semua kontributor pertumbuhan harus tumbuh agresif. Mulai dari konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah, investasi, dan net export. 

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga, misalnya harus terjaga dengan baik di atas 6-7  persen. Untuk bisa tercapai, inflasi juga harus terjaga di level moderat, tidak terlalu tinggi, sekitar 3 persenan.

“Dengan keterjaminan availability komoditas pokok, stabilitas nilai tukar rupiah, dan stabilitas harga bahan bakar minyak (BBM),” kata Ronny.

Selanjutnya, belanja pemerintah juga harus ekspansif dan  produktif. Termasuk belanja untuk proyek infrastruktur yang fungsional terhadap perkembangan ekonomi UMKM dan masyarakat pada umumnya. 

Lalu, penerapan industrial policy yang terukur di sektor andalan. Misalnya, Ronny mencontohkan, sektor manufaktur, pertanian, dan pariwisata, yang didukung oleh  pertumbuhan investasi yang agresif di atas 10 persen di berbagai sektor.

“Serta kebijakan moneter yang suportif terhadap dunia usaha, dengan suku bunga stabil di bawah 5  persen, sedikit di atas inflasi,” ucap Ronny. “Dan ini semua agak sulit dijalankan di saat kondisi seperti ini.”

Komentar