148.256 Jabatan di Pemda Jadi Target! Ini Tujuan Besar Jokowi Beberes Birokrasi ASN

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan penyederhanaan birokrasi menjadi salah satu prioritas pemerintahan periode ke-2 Presiden Joko Widodo.

Penyederhanaan ini bukan hanya bertujuan menghapus struktur organisasi yang gemuk dengan mengalihkan pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional.

Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah menegaskan penyederhanaan birokrasi itu dilakukan dengan mengubah sistem kerja.

“Perlu kita perhatikan, Penyederhanaan Birokrasi tidak hanya menghapus struktur birokrasi dan mengalihkan Pejabat Administrasi menjadi Pejabat Fungsional, namun juga perlu dilakukan melalui perubahan sistem kerja,” ujar Imas dalam pidatonya di Diskusi Terpumpun Penerapan Tim Kerja untuk Penyesuaian Sistem Kerja Baru yang dilaksanakan di Solo, pada Jumat (20/10/2023).

Imas mengatakan penyederhanaan birokrasi bertujuan untuk mengubah sistem kerja yang selama ini terlalu panjang dan mengakibatkan lambatnya pengambilan keputusan.

Dengan penyederhanaan birokrasi, kata dia, diharapkan akan terwujud sistem kerja yang mendukung pengambilan keputusan yang dinamis serta kolaboratif.

“Tidak ada lagi perbedaan atau jenjang antara Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional,” kata dia.

Dia mengatakan perubahan itu bertujuan meningkatkan kinerja dan mempercepat pengambilan keputusan. Kinerja yang meningkat dan pengambilan keputusan yang cepat, diharapkan akan berdampak positif terhadap pelayanan publik.

Komentar