Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke Arab Saudi Oktober 2023, Bicarakan Ini..!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Jokowi disebut akan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi pada Oktober 2023. Kunjungan tersebut membicarakan soal sektor investasi hingga agama.

Kami juga mengetahui akan ada kunjungan dari Presiden RI ke Arab Saudi di bulan Oktober,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi setelah bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023).

Ia berharap kunjungan Presiden Jokowi tersebut akan menghasilkan sejumlah kerja sama di berbagai bidang ekonomi hingga agama.

“Kami mengharap sekali ada penandatanganan yang disebut dengan Komite Tinggi yang akan menandatangani, di dalam penandatanganan tersebut banyak sekali agenda agenda dari sektor-sektor baik sektor ekonomi, sektor pendidikan, agama, dan investasi,” kata Faisal.

Disebutkan, dalam kunjungan tersebut, akan ada pertemuan antara pemimpin ASEAN dengan negara-negara Teluk. Ia berharap kunjungan Jokowi ke Saudi dapat menggambarkan hubungan Arab Saudi dan Indonesia yang baik.

“Dalam kunjungan tersebut akan ada pertemuan pemimpin ASEAN dengan negara-negara Teluk. Putra Mahkota nanti yang akan ada di sana. Kami mengharap sekali kunjungan tersebut akan mendatangkan hasil yang menunjukkan dan menggambarkan bagaimana hubungan yang begitu baik, yang begitu istimewa, antara Arab Saudi dan Indonesia,” katanya.

Selain itu, pertemuan Dubes Saudi Faisal dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin hari ini membahas terkait rencana pembukaan cabang BSI di Saudi. Dubes Saudi mengaku siap membantu pembukaan cabang BSI di Saudi.

“Yang terkait Bank Syariah Indonesia yang sebagaimana kami dapat arahan dari Wapres yang akan dibuka cabang BSI di Arab Saudi, kami juga siap untuk melakukan semua yang menyukseskan niat dibukanya cabang BSI di Arab Saudi,” katanya.

Lebih lanjut, jubir Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengungkap Ma’ruf mendapatkan undangan dari Dubes Arab Saudi untuk menghadiri Hari Nasional Arab Saudi pada akhir September.

“Bapak Dubes Arab Saudi mengundang Wakil Presiden untuk Hari National Day Arab Saudi pada tanggal 25 September. Insyaallah Bapak Wapres berusaha bisa menghadiri,” kata Masduki Baidlowi.

Selain itu, pada pertemuan Dubes Faisal mengungkapkan keinginannya berkunjung ke pondok pesantren yang dibangun oleh Wapres Ma’ruf Amin, yaitu Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara Serang, Banten.

Tak hanya itu, pada pertemuan itu, Ma’ruf juga berharap Arab Saudi dapat menindaklanjuti rencana pembukaan cabang BSI di Saudi.

“Bapak Wakil Presiden berharap kunjungan pihak direksi BSI ke Dubes Arab Saudi yang lalu bisa ditindaklanjuti untuk bagaimana agar BSI mempunyai perwakilan di Arab Saudi, apakah di Madinah, di Makkah, ataukah di Riyadh, ataukah di Jeddah, terserah. Yang penting segera bisa ada perwakilan BSI atau kemungkinan kerja sama yang lain ke depan,” katanya.

Komentar