Anies Dapat Giliran Pertama, Kolaborasi Bacapres: Ganjar dan Prabowo Paparkan Gagasan di Kampus UGM

Gagasan para bacapres
Bacapres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (Partai NasDem, PKB dan PKS) Anies Baswedan yang mendapat giliran pertama untuk menyampaikan gagasan. Ia berbicara mengenai berbagai isu mulai dari penyediaan lapangan kerja hingga pengembangan energi terbarukan.

Anies juga menyinggung mengenai aspek keadilan dalam pembangunan dan pengambilan kebijakan. “Kita selama ini sudah melakukan pembangunan tetapi yang menerima manfaat hanya sebagian. Tanggung jawab kita adalah memasukkan unsur keadilan di dalam seluruh pengambilan kebijakan,” kata dia.

Pada sesi kedua, Ganjar Pranowo yang diusung PDIP dan PPP mendapat giliran untuk memaparkan gagasannya. Ganjar berbicara tentang transformasi enam pilar strategis yang meliputi pilar pangan, lingkungan, digital, energi, penegakan hukum dan pendidikan.

Pemaparan Ganjar dikaitkan dengan kondisi bonus demografi serta cita-cita Indonesia Emas. “Menuju 2045 seratus tahun Indonesia, setidaknya ekonomi kita akan melompat dari peringkat tujuh belas menjadi empat. Itu akan bergantung kita dan yang duduk di depan saya,” ujarnya.

Mendapat giliran ketiga, Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat) menyampaikan paparan terkait strategi transformasi bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam paparannya, ia menjabarkan 17 program prioritas yang di antaranya mencakup pemberantasan korupsi, penguatan pertahanan negara, serta swasembada pangan.

“Kita harus mencapai swasembada pangan, dan saya yakin ini bisa. Kalau kita laksanakan dengan benar, kita bukan saja swasembada tapi kita menjadi lumbung pangan dunia,” kata Prabowo.

Komentar