Bahas Problematika Ekonomi! Menkeu & Bos Bank Sentral se-ASEAN Kumpul di Jakarta Besok

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Jajaran menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara ASEAN akan berkumpul di Jakarta mulai Selasa (22/8/2023) sampai Jumat (25/8/2023) untuk membahas problematika ekonomi yang tengah dihadapi dunia hingga pelemahan pertumbuhan ekonomi China.

Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Kementerian Keuangan Yogi Rahmayanti mengatakan, pertemuan itu dilakukan dalam rangka ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting kedua, serta melibatkan institusi global lain, seperti IMF, World Bank, ADB, ASEAN +3 Macroeconomic Research Office (AMRO), serta Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA).

“Jadi, ada akibat dari perang Rusia-Ukraina, kemudian juga ada kebijakan dari tingkat suku bunga di Amerika, kemudian juga adanya indikasi perlambatan ekonomi di China. Nah ini yang para menteri dan gubernur bank sentral nanti akan diskusikan pada saat AFMGM,” ucap Yogi dalam media briefing di kawasan Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023).

Selain membahas isu-isu kondisi ekonomi secara global, Yogi mengatakan, pemerintah Indonesia dalam keketuaan ASEAN 2023 juga mengusung pembahasan agenda khusus untuk pembangunan. Tercakup ke dalam tema Priority Economic Deliverables di pilar sektor keuangan ASEAN.

Ini mencakup tema recovery-rebuilding pasca Pandemi COVID-19 dengan mengusung pertemuan antara menteri keuangan dan menteri kesehatan se-ASEAN.

Komentar