Disabilitas Indonesia Deklarasi “Celengan” Dukung Ganjar Pranowo, Megawati Tak Bisa Cegah Arus Bawah

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) menggelar deklarasi ‘Celengan” mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Deklarasi mengatasnamakan Paradis Jarwo (Para Disabilitas for Ganjar Pranowo) dengan mengusung simbol “ceengan” berlangsung di Rumah Belajar Disabilitas Inkulusi, di Bogor Raya, Rabu (23/2/2022).

Deklarasi ini sekaligus menyampaikan aspirasi arus bawah yang tidak mungkin bisa dicegah Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, untuk tetap mencalonkan kader nasionalis harapan rakyat, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Deklarasi dibacakan Ketua PPDI Kota Bogor, Hasan Basri yang beranggotakan 2000 person beragam disabilitas.

“Di era demokrasi yang semakin maju, untuk menentukan pimpinan nasional harus mendengar dan melibatkan segenap elemen masyarakat. Kita butuh pimpinan nasional yang dapat membebaskan semua persoalan bangsa, termasuk yang ditimbulkan pandemi. Untuk itu, kami yang tergabung dalam relawan Paradis Jarwo (jejering Nusantara) mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Ganjar Pranowo maju dalam Pilpres serta terpilih jadi Presiden RI,” kata Hasan Basri, sembari memegangi mike dengan kedua tangan tangan tanpa jari.

Didampingi Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Kota Depok Herlina dengan kondisi tangan yang sama, Hasan Basri juga menegaskan, pihaknya meminta pimpinan partai politik sebagai penentu formal pencalonan presiden di Pilpres 2024 untuk mendengar suara arus bawah, khususnya para disabilitas untuk mengusung Ganjar Pranowo.

Para disabilitas ini juga meminta Ganjar Pranowo jadi pembina. “Kami minta kesediaan Bapak Ganjar Pranowo untuk jadi pembina para Disabilitas seantero Negeri ini,” tegas Hasan Basri.

Suasana deklarasi berlangsung cukup unik dan mengundang trenyuh, prihatin. Selama acara berlangsung, siswa-siswa berkebutuhan khusus seperti penyandang tuna grahita dan tuna laras di rumah belajar Disablitas Inklusi itu, ada yang berlasian ke sana kemari tanpa peduli ada acara nasional. Para orang tua yang mendampingi dan turut deklarasi nampak mengikuti dengan kasih sayang dan kesabaran.

“Saya bahagia waktu tiba di lokasi ini, karena ingin berjumpa dengan saudara-saudara kita disabilitas ini. Tapi, begitu menyaksikan kondisi yang ada, air mata saya meleleh. Kami berjanji kalau Pak Ganjar jadi Presiden akan kita dorong lebih memperhatikan nasib masa depan saudara-saudara kita yang ditakdirkan seperti ini,” kata Dedi S Wijaya, Pembina Balad Jarwo (jejaring Jarwo Jawa Barat).

Deklarasi juga ditandai penyerahan simbol “celengan” dari Ketua Paradis Jarwo, Prama Dharma kepada Ketua Umum Jarwo Center Indonesia, Budi Mulyawan.

Komentar