Dua Orang Masuk DPO, Polres Yahukimo Bekuk 5 Tersangka Pembunuh Anggota Polisi

JurnalPatroliNews – Papua Pegunungan, – lima tersangka dalam kasus pembunuhan Bripda Oktovianus Buara, Anggota Kepolisian yang berdinas di Yahukimo, berhasil diringkus pada Senin (29/4/24).

AKBP Heru Hidayanto, Kapolres Yahukimo, mengungkapkan, kelima tersangka yang ditangkap adalah WK, AP, AS, FW dan DA. Sedangkan dua tersangka lainnya, masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Telah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO),” ungkap Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5/24).

“Dua orang pelaku akan terus dikejar tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz,” lanjutnya.

Dalam penangkapan tersebut, Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti, di antaranya batu yang digunakan tersangka untuk membunuh korban.

Selain itu, Polisi juga menyita sebatang balok yang digunakan tersangka AS memukul Oktovianus Buara, dan sehelai jaket yang digunakan oleh AP saat kejadian.

Meski demikian, Polisi belum menemukan senjata tajam yang digunakan tersangka, untuk menusuk Oktovianus.

“Pisau yang digunakan membunuh korban tidak ditemukan di TKP, dan masih dalam proses pencarian. Kami akan buat daftar pencarian barang bukti,” jelas Heru.

Sebelumnya, jenazah Oktovianus ditemukan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Selasa (16/4/24).

Oktavianus yang merupakan Anggota Polres Yahukimo berusia 23 tahun itu, ditemukan tewas bersimbah darah akibat luka dianiaya.

Selanjutnya, Jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Nafri, Kota Jayapura, hari Rabu (17/4/24), dan dimakamkan di Bonggo, Kabupaten Sarmi, Papua.

Sementara itu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), mengaku bertanggung jawab atas terbunuhnya seorang Anggota Polisi di Distrik Dekai, pada Selasa (16/4/24).

Sebby Sambom, juru bicara Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM, menyatakan, Oktovianus Buara dibunuh kelompok pimpinan Elkius Kobak.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/4/24), Sebby menyebut, pembunuhan itu, termasuk dalam operasi yang bertujuan memantau pergerakan Anggota Militer, yang kerap melakukan patroli malam.

“Panglima TPNPB Wilayah XVI Yahukimo, Brigadir Elkius Kobak dan pasukannya, melaporkan bahwa mereka telah berhasil bunuh seorang anggota Polisi di Yahukimo,” tulis Sebby.

Komentar