Harga Bawang Putih Masih Tinggi, Tito: Impor Sudah 82% Masuk Loh!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), buka suara soal harga bawang putih yang masih tinggi. Padahal, realiasi impor bawang putih telah mencapai 81,89%, dari izin impor yang telah dikeluarkan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Persoalannya adalah harusnya harganya turun, kenapa masih harga naik,” ujar Mendagri dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023, Senin (9/10/23).

Tito menegaskan, realisasi importasi ini perlu dicek kembali, apakah benar-benar sudah masuk ke dalam Negeri. Kemudian, yang perlu dicek ialah pendistribusiannya.

“Yang kedua adalah distribusinya, yaitu sudah masuk, tapi sudah disalurkan nggak sampai dengan pasar-pasar tradisional. Itu persoalan kuncinya,” tegasnya.

Ia menyebut, perlu dukungan berbagai pihak untuk mengecek bawang putih ini. Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pangan Nasional, hingga Satgas Pangan, memastikan sekitar 82% bawang impor ini masuk ke pasar tradisional.

Tito mengungkapkan, baru 11 provinsi yang harga bawang putihnya relatif stabil.

“11 provinsi tadi disampaikan sudah relatif stabil harganya, tapi artinya 27 provinsi yang masih terjadi kenaikan bawang putih,” tandasnya.

Komentar