‘Harta Karun’ Berlimpah,  Ajib! RI Punya 2 Miliar Ton Emas  di Sini 

JurnalPatroliNews – Jakarta,  Sebuah ‘harta karun’ emas hingga 2 miliar ton ditemukan di Indonesia. Sumber daya itu diduga berada di di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin menyampaikan berdasarkan laporan perusahaan yang terakhir, proses kegiatan eksplorasi di wilayah tersebut masih berlangsung. Terutama untuk memastikan peningkatan status sumber daya. 

 “Kalau dari press release nya yang terakhir memang April 2022 (2 miliar ton emas), jadi secara sumber daya belum ada peningkatan lagi, namun perusahaan masih melakukan kegiatan eksplorasi berupa pemboran untuk peningkatan status sumber daya,” kata dia kepada rekan media, dikutip Minggu (25/12/2022). 

 Seperti diketahui, PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) selaku pemegang Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 tahun 1998 hingga memang masih melakukan pencarian cadangan emas di tambang Onto, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. 

 Adapun, jika Kontrak Karya (KK) sudah dipegang oleh Sumbawa Timur Mining sejak tahun 1998, itu artinya perusahaan sudah 24 tahun melakukan kegiatan eksplorasi mencari ‘harta karun’ emas tersebut. 

 Sebelumnya, Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono mengatakan ‘harta karun’ sumber daya di daerah Onto, Dompu, NTB secara geologi menunjukkan tipe endapan emas yang memungkinkan memiliki total sumber daya mineral yang cukup besar. Terutama berupa emas dan tembaga dengan potensi 2 miliar ton. 

 Wilayah tersebut memiliki total potensi sumber daya mineral tertunjuk sebesar 1,5 miliar ton dengan kadar 0,96% Tembaga dan 0,58 gram/total Emas dan total potensi sumber daya mineral Tereka sebesar 1 miliar ton dengan kadar 0,7% tembaga dan 0,4 g/t emas. 

 “Jadi tipe endapan ini memiliki volume yang luas, sehingga memungkinkan memiliki total sumber daya mineral emas dan tembaga yang cukup besar sebesar sekitar 2 miliar ton. Sumber daya apa saja, yang 1,5 miliar ton sumber daya tertunjuk terdiri dari tembaga 0,96% dan emas 0,58 gram per total,” pungkas Budi. 

Komentar