Ingaatt..!! BLU Dibentuk Untuk Layani Masyarakat, Sri Mulyani : Jangan Amburadul dan Seenaknya

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta para pimpinan Badan Layanan Umum (BLU) untuk terus menjalankan tugasnya dengan baik. Melakukan penuh dengan profesionalitas dan tidak seenaknya.

Menurutnya, BLU adalah lembaga yang dibentuk untuk melayani masyarakat dengan tata kelola manajemen yang semakin baik. Meski tidak memberikan keuntungan bukan berarti bekerja dengan sembarangan.

“Kalau kita disebut agency yang nonprofit, tidak berarti kemudian kita memiliki kultur budaya organisasi yang amburadul, yang seenaknya sendiri, yang tidak profesional,” ujarnya dalam Rakornas BLU, Jumat (19/3).

Bendahara negara ini menyebutkan, Kementerian Keuangan akan terus mengawal BLU yang ada di Indonesia hingga menjadi sebuah lembaga yang betul-betul memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Jadi memang bekerja di BLU itu penuh dengan tujuan mulia, namun tidak berarti kita kemudian aspek keuangannya kacau balau, kita tetep bisa melakukan pelayanannya dengan baik, dengan tata kelola yang baik dan akuntabilitas yang baik, karena memang tujuan kita adalah untuk melayani rakyat dan keuangannya tetap sustainabel,” jelasnya.

Terutama di tengah kondisi yang sulit akibat Covid-19, diharapkan layanan BLU kepada masyarakat semakin ditingkatkan. Sehingga masyarakat bisa melihat BLU sebagai lembaga yang bisa diandalkan.

“Layanan kepada masyarakat tidak boleh terputus dan justru makin diandalkan. Maka kita perlu betul-betul melihat bagaimana ekspektasi dari sisi kecepatan pelayanan tetap bisa dikelola tanpa menimbulkan risiko akuntabilitas atau potensi terjadinya kecurangan atau fraud,” tuturnya.

“Saya berharap bahwa para pengelola BLU di dalam menjalankan misinya dan juga tujuan organisasi betul-betul berpedoman kepada profesionalisme dan integritas, karena ini adalah menggambarkan tingkat kemajuan dan peradaban RI. Negara tidak akan bisa maju kalo kita tidak punya institusi yang baik,” tegasnya.

(*/lk)

Komentar