Intip Tiga Nama, Pengganti Ganjar Diputuskan Jokowi Minggu Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait pengganti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berakhir pada 5 September mendatang. Namun nama-nama penggantinya belum diterima Jokowi.

Oh belum, belum masuk ke meja saya,” kata Jokowi merespon pertanyaan wartawan, di SMKN Jawa Tengah di Kota Semarang, Rabu (30/8/2023).

Menurut Jokowi nantinya setelah nama-nama yang menjadi Penjabat (Pj) Gubernur, akan diputuskan secara resmi melalui mekanisme rapat Tim Penilai Akhir di Istana Kepresidenan. Dimana akan diputuskan dalam waktu yang tidak lama lagi.”Nanti lewat mekanisme TPA, belum saya, ya paling lambat minggu ini mungkin kalau sudah masuk ke meja saya kita putuskan. Belum.

Tapi kalau ditanya siapa, belum tahu,” kata Jokowi.Sebelumnya sejumlah nama sempat santer digadang-gadang akan menjadi pengganti Ganjar. Adapun ketiga nama yang digadang-gadang akan menggantikan Ganjar yaitu Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejagung RI Tony Tribagus Spontana, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.

“Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD Jawa Tengah dan Ketua Fraksi turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut,” ungkap Ketua DPRD Jawa Tengah Sumanto di kantornya, mengutip CNN Indonesia, Senin (7/8/2023).

Menurut Sumanto, DPRD Jateng telah mengirimkan ketiga nama calon Pj Gubernur Jawa Tengah itu ke Kemendagri. Politisi PDI Perjuangan tersebut menambahkan, pemilihan tiga nama itu berdasarkan atas kapabilitas yang mampu meneruskan program Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Komentar