Israel Gempur Gaza Usai Serangan Roket dari Gaza

JurnalPatroliNews – Jakarta, Israel melancarkan serangan udara menyusul serangan roketyang ditembakkan dari Jalur Gaza. Serangan ke Gaza itu dilakukan setelah Israel mengatakan telah menemukan terowongan yang mengarah dari Palestina ke wilayah Israel.

“Jet tempur IDF (Pasukan Pertahanan Israel) dan helikopter serang menghantam infrastruktur bawah tanah milik organisasi teror Hamas di Jalur Gaza selatan setelah serangan roket, kata militer Israel dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (21/10/2020).

Sumber-sumber keamanan Palestina mengatakan pesawat tempur Israel pada Selasa (20/10) waktu setempat menghantam dua sasaran di Khan Yunis dan Deir al-Balah milik Hamas, gerakan Islam yang memusuhi Israel dan telah memegang kekuasaan di Gaza sejak 2007.

IDF sebelumnya mengatakan bahwa roket yang ditembakkan dari daerah Khan Yunis “dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome”, tanpa menyebutkan apakah itu telah menyebabkan korban atau kerusakan.

Beberapa jam sebelum serangan, tentara Israel mengumumkan telah menemukan pada hari Selasa (20/10) sebuah terowongan yang melintas “puluhan meter ke Israel dari Gaza”.

Juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus mengatakan terowongan itu melanggar kedaulatan Israel.

Dia mengatakan Israel tidak tahu siapa yang menggali terowongan itu, tetapi menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua aktivitas di Gaza.

Militer Israel mengatakan bahwa terowongan itu ditemukan berkat sensor bawah tanah di dekat perbatasan. Militer menambahkan bahwa “tidak ada ancaman terhadap komunitas Israel di dekatnya”.

Menurut Conricus, pihak berwenang Israel telah menemukan sekitar 20 terowongan yang berasal dari Gaza sejak 2014.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Israel akan “terus mengambil tindakan tegas … terhadap setiap upaya untuk menyerang kedaulatan kami atau warga kami.”

(dtk)

Komentar